RESILIENSI PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT (STUDI KASUS TIGA PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI SENTRA KERAJINAN KULIT MANDING, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA)

GANITA AJENG AYUNDA PUTRI, NIM. 13250006 (2018) RESILIENSI PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT (STUDI KASUS TIGA PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI SENTRA KERAJINAN KULIT MANDING, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT (STUDI KASUS TIGA PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI SENTRA KERAJINAN KULIT MANDING, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA))
13250006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT (STUDI KASUS TIGA PELAKU USAHA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI SENTRA KERAJINAN KULIT MANDING, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA))
13250006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Resiliensi Tiga Pelaku Usaha Industri Kerajinan Kulit di Desa Manding. Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa saat ini para pelaku usaha industri kerajinan kulit di Manding menghadapi tantangan yang serius dalam menjalankan usaha industri kerajinananya. Mengingat para pelaku usaha industri kerajinan kulit ini masih bersifat konvensional, sehingga tidak mampu bersaing dengan usaha industri lainnya yang jauh lebih modern yang sudah berbasis online dengan cara memanfaatkan basis teknologi sebagai penopang usahanya dalam menarik pembeli (konsumen). Keberaadaan pelaku usaha industri kerajinan kulit di Desa Manding ini masih tetap bertahan sampai saat ini meskipun dunia usaha industri mengalami perubahan secara signifikan akibat arus kemajuan teknologi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan wawancara dan mengecek kebenaran hasil wawancara dengan dokumen terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bertahannya (resiliensi) tiga pelaku usaha industri kerajinan kulit di Desa Manding didorong oleh banyak faktor yang melatar belakanginya yaitu dari kebutuhan keluarga, kuatnya sikap optimis dan motivasi spiritual dalam menjalankan usaha industri kerajinannya. Bahkan tiga pelaku usaha industri kerajinan kulit ini menyakini bahwa usaha industri kerajinan kulit yang tengah dijalankan merupakan bagian dari budaya yang melekat dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Resilinesi, Pelaku Usaha Industri, Kerajinan Kulit, Desa Manding
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:15
Last Modified: 15 Nov 2018 06:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31552

Actions (login required)

View Item View Item