IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN (STUDI KASUS DI KELURAHAN WONOSOBO TIMUR, KECAMATAN WONOSOBO, KABUPATEN WONOSOBO)

KARTIKA DHITA EKA RIZKY, NIM. 13250041 (2018) IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN (STUDI KASUS DI KELURAHAN WONOSOBO TIMUR, KECAMATAN WONOSOBO, KABUPATEN WONOSOBO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN (STUDI KASUS DI KELURAHAN WONOSOBO TIMUR, KECAMATAN WONOSOBO, KABUPATEN WONOSOBO))
13250041_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN (STUDI KASUS DI KELURAHAN WONOSOBO TIMUR, KECAMATAN WONOSOBO, KABUPATEN WONOSOBO))
13250041_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi Masyarakat Miskin di Kelurahan Wonosobo Timur Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Skripsi : Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelaksanaan BPJS untuk kesehatan, faktor apakah yang mempengaruhinya, terutama di Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, karena kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaan pelayanannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah. Pemerintah juga bertanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat serta memenuhi penyediaan sarana pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, berangkat dari dasar pengetahuan umum dan meneliti persoalan khusus, kesimpulan ditarik secara deduktif. Sumber-sumber datanya dikumpulkan dan dianalisis secara kritis sebelum dituangkan dalam sebuah pemaparan. Subjek penelitian sebagai informan, adalah pihak BPJS sebagai sumber yang memiliki data dan masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan pada BPJS di lingkungan Wonosobo timur Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo. Obyek penelitian adalah layanan kesehatan pada BPJS di lingkungan Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan Dokumen, Pengamatan dan Wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi, dengan sumber menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data, akan menghasilkan bukti atau data yang berbeda, yang selanjutnya akan memberikan pandangan (insights) yang berbeda pula mengenai fenomena yang diteliti, dengan tiga prosedur, Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor komunikasi, sumber daya, birokrasi dan disposisi memberikan pengaruh dalam implementasi jasa pelayanan kesehatan BPJS. Faktor Komunikasi, yang terjadi dalam program kerja BPJS melibatkan kelembagaan dan organisasi. BPJS di Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo yang memberikan pelayanan masyarakat di tingkat pertama memberdayakan tenaga frontliner. Sumber daya, terdiri dari staff, informasi, birokrasi, kewenangan dan fasilitas, memiliki kemapuan melaksanakan upaya kesehatan, strategi informasi dilakukan melalui media massa (pamflet), (banner), (spanduk). Dalam penelitian ini pemaparan tentang faktor disposisi, juga menyangkut sikap yang ditunjukkan oleh petugas medis, paramedis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noorkamilah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi BPJS, Kelurahan Wonosobo, Kesehatan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:17
Last Modified: 15 Nov 2018 06:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31553

Actions (login required)

View Item View Item