STUDI ETNOGRAFIS LANSIA AKTIF DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KECAMATAN RONGKOP, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

APRIANI DWI ASTUTI, NIM. 13250075 (2018) STUDI ETNOGRAFIS LANSIA AKTIF DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KECAMATAN RONGKOP, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI ETNOGRAFIS LANSIA AKTIF DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KECAMATAN RONGKOP, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA)
13250075_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI ETNOGRAFIS LANSIA AKTIF DI DUSUN BUNGMANIS, DESA PUCANGANOM, KECAMATAN RONGKOP, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA)
13250075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Besarnya jumlah lansia tentu menjadi sebuah aset negara apabila lansia tumbuh secara sehat, aktif dan produktif. Tentunya setiap lansia memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya tanpa harus memandang usia, status sosial, dan lain sebagainya. Hal tersebut dibuktikan dengan para lansia aktif yang masih melakukan aktivitas produktif guna memenuhi kebutuhan hidupnya agar dapat membantu diri dan keluarga sehingga tidak lagi menjadi beban orang lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas lansia aktif di Dusun Bungmanis, Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dilihat dari aspek sosial, fisik, emosional, dan spiritual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Peneliti menggunakan teknik penggambilan sampel yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data akan dilihat dengan menggunakan teknik triangulasi data, sedangkan analisis data melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas lansia aktif dapat dilihat dari empat aspek, yaitu sosial, fisik, emosional, dan spiritual. Pada aspek hubungan sosial, fisik, dan emosional lansia aktif telah berjalan dengan baik. Namun terdapat dua poin yaitu intimasi pada aspek fisik dan aspek spiritual belum terpenuhi dengan baik. Meskipun dua poin tersebut belum dapat terpenuhi dengan baik, tidak memberikan pengaruh terhadap aspek sosial, fisik, dan emosional secara keseluruhan sehingga lansia aktif tetap dapat melaksanakan aktivitasnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, SIP, MSW.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Lansia Aktif, Studi Etnografi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:22
Last Modified: 15 Nov 2018 06:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31556

Actions (login required)

View Item View Item