PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MARGA LUBIS BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI IKATAN KELUARGA MARGA LUBIS MUSLIM DI YOGYAKARTA)

MUHAMMAD TARMIZI, NIM. 14250037 (2018) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MARGA LUBIS BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI IKATAN KELUARGA MARGA LUBIS MUSLIM DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MARGA LUBIS BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI IKATAN KELUARGA MARGA LUBIS MUSLIM DI YOGYAKARTA))
14250037_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MARGA LUBIS BERBASIS MODAL SOSIAL (STUDI IKATAN KELUARGA MARGA LUBIS MUSLIM DI YOGYAKARTA))
14250037_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan adalah suatu keadaan kekurangan hal-hal yang biasa untuk dipunyai seperti makan, air minum, pakaian, dan tempat berlindung, hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup. Kondisi miskin tersebut juga nampak di masyarakat Sumatera bermarga Lubis di kabupaten Mandailing Natal, permasalahan akan semakin kompleks ketika mereka berada di kampung halaman terus menerus dan hanya mengandalkan hasil bertani sebagai pola pemenuhan kebutuhan. bermigrasi adalah solusi untuk merubah kesejahteraan masyarakat Marga Lubis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kesejahteraan Marga Lubis ketika masih di Kampung halaman dan ketika sudah menetap di Yogyakarta karena Dengan keadaan kemiskinan yang dialami Marga Lubis di kampung halaman, membuat mereka bermigrasi ke Yogyakarta dengan modal yang sangat kecil. tetapi dengan keadaan yang serba kecukupan mereka bisa sukses di daerah Yogyakarta. Penelitian ini mencoba memotret bagaimana bentuk modal sosial yang ada di Ikatan Keluarga Marga Lubis Muslim di Yogyakarta sehingga menjadi potensi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga Marga Lubis walaupun diawali dengan kondisi keterbatasan finansial dan akses. Penelitian ini menggunakan teori kesejahteraan sosial tentang kondisi kesejahteraan menurut James Midgley dan modal sosial menurut Robert Putnam, jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Penelitian ini Penulis memperoleh Fakta dilapangan yaitu bahwa Marga Lubis yang merantau ke Yogyakarta mengalami berbagai perubahan dalam hal kesejahteraan. dalam bidang Kesejahteraan Ekonomi seperti ketika awal kedatangan Marga lubis ke Yogyakarta tidak mempunyai tempat tinggal dan sekarang mempunyai tempat tinggal pribadi, kesejahteraan Spiritual dengan mengadakan umroh bersama Marga Lubis dan kesejahteraan Sosial dengan mengadakan wisata bersama Marga Lubis. Dari hasil output penelitian dapat kita simpulkan bahwa Ikatan Keluarga Marga Lubis Muslim berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M.Izzul Haq,S. Sos.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Marga Lubis di Yogyakarta, Ikatan Keluarga Marga Lubis Muslim (IKAMABIS), Modal sosial dan Peningkatan Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 06:24
Last Modified: 15 Nov 2018 06:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31557

Actions (login required)

View Item View Item