IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENATAAN DAN PEMEBRDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA KE TAMAN KULINER WONOSARI)

ARIZKA ENDAH CHAYANI, NIM. 14250042 (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENATAAN DAN PEMEBRDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA KE TAMAN KULINER WONOSARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENATAAN DAN PEMEBRDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA KE TAMAN KULINER WONOSARI))
14250042_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PENATAAN DAN PEMEBRDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA (STUDI KASUS RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA KE TAMAN KULINER WONOSARI))
14250042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (771kB)

Abstract

Pertumbuhan PKL di kawasan Kota Wonosari setiap tahun mengalami peningkatan. Data terakhir dari Disperindag Kabupaten Gunungkidul menunjukkan sebanyak 107 PKL telah memadati kawasan Alun-alun Wonosari dan Kantor Pemda Kabupaten Gunungkidul. Aktivitas PKL tersebut menimbulkan beberapa permasalahan diantaranya ruang publik yang mulai terganggu seperti berkurangnya hak pengguna jalan, produksi sampah di sekitar tempat berdagang, serta limbah bekas produksi yang mengurangi keindahan tata ruang kota. Situasi tersebut menuntut pemerintah untuk melakukan relokasi PKL ke tempat peruntukkannya sesuai dengan Perda Nomor 3 tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor 3 tahun 2015, faktor-faktor yang memengaruhi implementasi perda,dan dampak dari implementasi perda tersebut bagi pemerintah, PKL, serta masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 11 orang diantaranya, 1 orang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul bagian Pengelolaan Pasar, 1 orang Satpol PP Kabupaten Gunungkidul, 1 orang Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, 4 orang PKL, 1 orang Ketua PKLM, dan 3 orang masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi dengan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor 3 tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL dikatakan berhasil. Proses implementasi dimulai dengan sosialisasi kepada PKL, dilanjutkan pengorganisasian baik dari segi pendanaan maupun SDM yang terdiri dari Pengelolaan Pasar, Dishub, dan Pol PP, serta relokasi PKL ke tempat peruntukkanya yakni Taman Kuliner Wonosari tanpa ada konflik. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasi perda tersebut antara lain faktor komunikasi yang intens, sumberdaya baik pelaksana maupun dana yang memadai, disposisi pelaksana yang tidak otoriter, dan struktur birokrasi yang tidak terfragmentasi. Dampak dari relokasi tersebut meningkatkan citra positif pemerintah sekaligus mampu menyediakan tempat berdagang yang layak untuk PKL, PKL mendapatkan tempat berdagang yang nyaman dan terjamin meskipun dari segi penghasilan belum stabil, dan untuk masyarakat sendiri lebih nyaman dari segi lalu lintas yang sudah tertata serta memberikan alternatif baru dalam berwisata kuliner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Relokasi, Pedagang Kaki Lima (PKL)
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:18
Last Modified: 15 Nov 2018 07:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31561

Actions (login required)

View Item View Item