DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS INDEPENDENT GOJEK DI YOGYAKARTA)

M NUR ROMADHON, NIM. 14250058 (2018) DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS INDEPENDENT GOJEK DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS INDEPENDENT GOJEK DI YOGYAKARTA))
14250058_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS INDEPENDENT GOJEK DI YOGYAKARTA))
14250058_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

M. NUR ROMADHON. Dampak Ojek Online Terhadap Kesejahteraan Sosial (Studi Kasus Pada Komunitas Independent Gojek di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Dampak merupakan benturan, pengaruh yang mendatangkan akibat baik positif maupun negatif. Dampak secara sederhana bisa diartikan sebagai pengaruh atau akibat. Dampak juga bisa merupakan proses lanjutan dari sebuah pelaksanaan pengawasan internal. Dalam penelitian ini akan menjelaskan tentang dampak ojek online, khususnya GOJEK terhadap kesejahteraan sosial pada Komunitas Independent Gojek. GOJEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mitranya di berbagai sektor informal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak ojek online terhadap kesejahteraan sosial pada Komunitas Independent Gojek di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori dampak perubahan sosial dan kesejahteraan sosial serta penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah driver GOJEK pada Komunitas Independent GOJEK. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana dampak ojek online terhadap kesejahteraan sosial pada komunitas independent GOJEK di Yogyakarta. Pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dampak ojek online terhadap kesejahteraan sosial pada komunitas independent GOJEK yaitu menjadi driver GOJEK lebih bermanfaat karena pendapatan yang diterima oleh driver lebih besar daripada pendapatan pada pekerjaan sebelumnya ataupun menganggur. Hal itulah yang menjadi penyebab terjadinya mobilitas tenaga kerja dan memberikan dampak peningkatan kesejahteraan sosial para driver GOJEK pada Komunitas Independent Gojek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Ojek Online, GOJEK, Kesejahteraan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:20
Last Modified: 15 Nov 2018 07:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31562

Actions (login required)

View Item View Item