DAMPAK PENYALAHGUNAAN PSIKOTROPIKA TERHADAP ETOS KERJA NELAYAN (STUDI MASYARAKAT NELAYAN DUSUN DENGOK, KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN)

IMRO’ATUL MUTHOHHAROH, NIM. 14250060 (2018) DAMPAK PENYALAHGUNAAN PSIKOTROPIKA TERHADAP ETOS KERJA NELAYAN (STUDI MASYARAKAT NELAYAN DUSUN DENGOK, KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENYALAHGUNAAN PSIKOTROPIKA TERHADAP ETOS KERJA NELAYAN (STUDI MASYARAKAT NELAYAN DUSUN DENGOK, KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN))
14250060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENYALAHGUNAAN PSIKOTROPIKA TERHADAP ETOS KERJA NELAYAN (STUDI MASYARAKAT NELAYAN DUSUN DENGOK, KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN))
14250060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (290kB)

Abstract

Imro’atul Muthohharoh, Dampak Penyalahgunaan Psikotropika Terhadap Etos Kerja Nelayan (Studi Masyarakat Nelayan Dusun Dengok, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan). Skripsi: Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2018. Proses penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juni 2017 sampai Februari 2018 dengan tujuan untuk membahas Dampak Penyalahgunaan Psikotropika Terhadap Etos Kerja Nelayan di Dusun Dengok, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini di latar belakangi karena penyalahgunaan psikotropika pada nelayan di Dusun Dengok yang semakin hari semakin tidak terkontrol karena mereka menganggap bahwa psikotropika yang disalahgunakan dapat meningkatkan etos kerja mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sebenarnya dari penyalahgunaan psikotropika terhadap etos kerja nelayan di Dusun Dengok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah lima nelayan penyalahguna psikotropika, dua isteri nelayan penyalahguna psikotropika, satu nelayan bukan penyalahguna psikotropika, dan satu dokter umum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis psikotropika yang disalahgunakan adalah pil Merk Zenith. Penyalahgunaan psikotropika dipengaruhi dari faktor internal dan eksternal. Penyalahgunaan psikotropika juga berdampak terhadap fisik, psikis, dan sosial penyalahguna. Dampak penyalahgunaan psikotropika terhadap etos kerja nelayan di Dusun Dengok, yang mereka sebut dengan "jamu" untuk menambah semangat dalam bekerja, justru menunjuk etos kerja mereka menjadi menurun. Hal tersebut dapat diketahui dari apa yang ditunjukkan oleh nelayan penyalahguna antara lain: konsentrasi dalam bekerja menjadi menurun, kurangnya memiliki jiwa kepemimpinan, kurang dalam berhitung, kurang menghargai waktu, kurang hemat dan efisien, memiliki insting bertanding, berorientasi pada produktivitas, hanya aktif dan bekerja keras pada saat menyalahgunakan psikotropika, tekun dalam bekerja namun kurang professional, kurang kreatif, kurang jujur, kurang disiplin, kurang bertanggungjawab, kurang percaya diri, dan boros. Sehingga hal tersebut ikut mempengaruhi kondisi ekonomi dan kesejahteraan dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Dampak Penyalahgunaan Psikotropika, Etos Kerja
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:21
Last Modified: 15 Nov 2018 07:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31563

Actions (login required)

View Item View Item