JAMINAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (STUDI PERLINDUNGAN SOSIAL MELALUI KELOMPOK BANK SAMPAH DI KAMPUNG PEDAK BARU, KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL)

KHOIRIN NIDA, NIM. 14250076 (2018) JAMINAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (STUDI PERLINDUNGAN SOSIAL MELALUI KELOMPOK BANK SAMPAH DI KAMPUNG PEDAK BARU, KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JAMINAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (STUDI PERLINDUNGAN SOSIAL MELALUI KELOMPOK BANK SAMPAH DI KAMPUNG PEDAK BARU, KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL))
14250076_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (JAMINAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (STUDI PERLINDUNGAN SOSIAL MELALUI KELOMPOK BANK SAMPAH DI KAMPUNG PEDAK BARU, KARANG BENDO, BANGUNTAPAN, BANTUL))
14250076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (817kB)

Abstract

Khoirin Nida, tahun 2018, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Judul Skripsi "Jaminan Sosial Berbasis Masyarakat (Studi Perlindungan Sosial melalui Kelompok Bank Sampah di Kampung Pedak Baru, Karang Bendo, Banguntapan, Bantul)". Jaminan sosial berbasis masyarakat sebagai upaya menunjang kesejahteraan masyarakat di Pedak Baru. Partisipasi masyarakat di dalam kelompok bank sampah menjadi solusi permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka segenap potensi sumber daya manusia harus digali pengetahuan, keterampila, dan dilaksanakan sebaik-baiknya. Dalam penelitian ini dirumuskan pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana bentuk jaminan sosial berbasis masyarakat melalui kelompok bank sampah dan bagaimana partisipasi masyarakat dalam kelompok bank sampah di Kampung Pedak Baru. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pustakaan. Sedangkan analisis data yang diperoleh dilakukan secara deskriptif yang menghasilkan paparan informasi yang sistematik, selektif, dan komprehensif dengan melalui reduksi data. Hasil dari penelitin ini menunjukkan adanya bentuk jaminan sosial berbasis masyarakat melalui kelompok bank sampah adalah simpan pinjam, dana sosial kematian dan kesehatan, pelatihan kerajinan, serta tanggap bencana. Dari bentuk tersebut mempunyai aspek perlindungan sosial perlindungan dengan tujuan untuk melindungi anggotanya dari berbagai macam resiko dan kerentanan. Sedangkan partisipasi masyarakat dalam kelompok bank sampah didasari oleh beberapa aspek, yang pertama, motif partisipasi secara sukarela atau atas dasar kesadaran dalam melakukan partisipasi. Kedua, bentuk partisipasi yang meliputi decision making, implementation, benefit, dan evaluation. Dan yang ketiga ,tingkatan partisipasi masyarakat yang berada di tahap kontrol masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Izzul Haq, S.Sos, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Jaminan Sosial, Partisipasi Masyarakat, dan Bank Sampah
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:32
Last Modified: 15 Nov 2018 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31569

Actions (login required)

View Item View Item