INTENSITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA’ARIF NGARGOSOKA SRUMBUNG MAGELANG

ANA MUKHOFIFAH, NIM. 98413855 (2004) INTENSITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA’ARIF NGARGOSOKA SRUMBUNG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTENSITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA’ARIF NGARGOSOKA SRUMBUNG MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTENSITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA’ARIF NGARGOSOKA SRUMBUNG MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam arti luas, pendidikan adalah proses yang berkaitan dengan upaya untuk mengembangkan potensi pada diri seseorang yang meliputi tiga aspek kehidupan, yaitu pandangan hidup, sikap hidup dan ketrampilan hidup. Ketiga aspek tersebut sering disebut dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut merupakan kesatuan totalitas yang melekat pada diri seseorang. Dalam hal tanggungjawab pendidikan, maka pihak orang tua, sekolah/pemerintah dan masyarakat mempunyai peran signifikan dalam mendukung sistem pendidikan termasuk dalam hal pendidikan agama. Skripsi ini mengkaji dan mendeksripsikan tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam di MI Ma’arif Ngargosoka Srumbung Magelang, bagaimana intensitas pelaksanaannya dan bagaimana implikasi intensitas pelaksanaan pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar dan pengamalan agama siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pihak-pihak yang penulis jadikan sebagai subyek penelitian adalah: Kepala SEkolah, guru, dan siswa dari MI Ma’arif , Ngargosoka Srumbung Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pendidikan agama di MI Ma’arif Ngargosoka Srumbung Magelang telah berlangsung sesuai dengan kurikulum yang berasal dari Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah. Kedua, intensitas pelaksanaan pendidikan agama Islam masih kurang optimal karena belum terpenuhinya hal-al yang seharusnya ada dalam pelaksanaan pendidikan Islam. Ketiga, bahwa implikasi dari intensitas pendidikan agama Islam bagi siswa MI Ma’arif Ngargosoka Srumbung Magelang adalah munculnya motivasi untuk belajar dari diri mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. HMS. Prodjodikoro
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, lembaga pendidikan Islam, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 16 Nov 2018 16:15
Last Modified: 16 Nov 2018 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum