PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, TELAAH TERHADAP PEMIKIRAN Dra. HIBANA S. RAHMAN DALAM BUKU “KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI” KARYA Dra. HIBANA S. RAHMAN

DA’WATI, NIM. 98474119 (2004) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, TELAAH TERHADAP PEMIKIRAN Dra. HIBANA S. RAHMAN DALAM BUKU “KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI” KARYA Dra. HIBANA S. RAHMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, TELAAH TERHADAP PEMIKIRAN Dra. HIBANA S. RAHMAN DALAM BUKU “KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI” KARYA Dra. HIBANA S. RAHMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (987kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, TELAAH TERHADAP PEMIKIRAN Dra. HIBANA S. RAHMAN DALAM BUKU “KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI” KARYA Dra. HIBANA S. RAHMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat urgen bagi seorang muslim dan bahkan menjadi suatu kewajiban untuk mencari ilmu semenjak lahir sampai meninggal. Ini artinya bahwa pendidikan itu sudah harus dilakukan atau diberikan kepada anak-anak usia dini. Lalu bagaimanakah konsep pendidikan anak usia dini yang ideal? Bagaimana konsep pendidikan Islam tentang pendidikan anak usia dini? Skripsi ini mengkaji konsep pendidikan anak usia dini menurut tokoh pendidikan yang bernama Hibana S. Rahman dan pendidikan anak usia dini menurut perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literer/pustaka atau library research. Sebagai sumber primer adalah buku yang ditulis oleh Hibana S. Rahman. Adapun buku-buku pendukungnya adalah buku-buku tentang konsep pendidikan Islam dan tentang pendidikan anak usia dini lainnya. Analisa data yang terkumpul dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan langkah-langkah sebagai berikut: a. Membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu lalu mengambil bentuk studi komparatif b. Mengadakan penilaian c. Menetapkan standar (normative) d. Menetapkan hubungan dan kedudukan (status) satu unsure dengan unsure yang lain e. Menarik kesimpulan. Dengan menggunakan pola berfikir induktif dan deduktif, penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1. Menurut Hibana S. Rahman dalam bukunya tersebut, bahwa materi dan metode pendidikan anak usia dini yang diberikan di lingkungan keluarga membawa dampak positif bagi perkembangan anak selanjutnya. 2. Materi dan metode dalam konsep pendidikan anak usi a dini menurut Hisbana sangat relevan dengan konsep pendidikan perspektif pendidikan Islam. 3. Pendidikan anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam adalah agar anak itu tumbuh kembang sesuai dengan nilai-nilai Islami, karena itu metode uswah atau keteladanan sangat tepat diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, pendidikan anak usia dini, Hibana S. Rahman
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 16 Nov 2018 16:15
Last Modified: 16 Nov 2018 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31581

Actions (login required)

View Item View Item