ANALISIS SWOT PADA BMT SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2017

BIHARUDIN ZAKKI ZAMZAMI, NIM. 13820123 (2018) ANALISIS SWOT PADA BMT SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SWOT PADA BMT SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13820123_BAB I , V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SWOT PADA BMT SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13820123_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

In its performance, sharia institutions especially Baitul Mal wa Tamwil will certainly obtain various kinds of competition with other financial institutions either have bigger funds, especially conventional or fellow sharia institutions themselves. This research was conducted on BMT Syuhada Yogyakarta to find out the competing strategy according to the situation contained in BMT by using competitive analysis of SWOT, that is an analysis conducted on internal and external factors on BMT Syuhada Yogyakarta in order to be more competitive. The results of this study include internal factors in determining competitive strategies in BMT Syuhada Yogyakarta consists of strengths include: good governance and culture of sharia institutions, a positive investment climate, a good contribution to micro-enterprises, can reduce the opportunities of moneylenders to take customers, giving opportunities for small entrepreneurs in business development. And the disadvantages include: limited places, coverage of customers who are still not extensive, the accuracy of working hours are still lacking. External factors in determining competitive strategy in BMT Syuhada Yogyakarta consists of opportunities: the potential customers around the area of the Mosque of Syuhada, the cooperation with the school Syuhada in providing savings products of students, the prospective customers consisting of small traders around mosque environment. And threats include: the presence of other institutions such as conventional banking institutions that have more working hours and capital, the assumption of a profit-sharing system whose value is greater than conventional interest, the existence of some bad loans that hamper the target revenue. The strategy that can be used is Growth (growth). ( INDONESIA ) Dalam kinerjanya, lembaga syariah terutama Baitul Mal wa Tamwil pasti akan memperoleh berbagai macam persaingan dengan lembaga keuangan lain baik yang mempunyai dana lebih besar terutama yang konvensional atau sesama lembaga syariah itu sendiri. Penelitian ini dilakukan terhadap BMT Syuhada Yogyakarta untuk mengetahui strategi bersaing yang sesuai dengan keadaan yang terdapat di dalam BMT dengan menggunakan analisis bersaing SWOT, yaitu suatu analisis yang dilakukan terhadap faktorfaktor internal dan eksternal pada BMT Syuhada Yogyakarta supaya dapat lebih bersaing. Hasil penelitian ini meliputi faktor internal dalam menentukan strategi bersaing pada BMT Syuhada Yogyakarta terdiri dari kekuatan meliputi : tata kelola dan budaya lembaga syariah yang baik, iklim investasi yang positif, kontribusi yang baik terhadap usaha mikro, dapat mengurangi kesempatan para rentenir untuk mengambil nasabah, memberi kesempatan kepada pengusaha kecil dalam pengembangan usaha. Dan kelemahan yang ada meliputi : tempat yang terbatas, jangkauan terhadap nasabah yang masih belum luas, ketepatan jam kerja yang masih kurang. Faktor eksternal dalam menentukan strategi bersaing pada BMT Syuhada Yogyakarta terdiri dari peluang : adanya nasabah yang potensial di sekitar wilayah Masjid Syuhada, adanya kerjasama dengan pihak sekolah Syuhada dalam memberikan produk tabungan siswa, adanya calon-calon nasabah yang terdiri dari pedagang-pedagang kecil di sekitar lingkungan Masjid. Dan ancaman meliputi : adanya lembaga lain seperti lembaga perbankan konvensional yang memiliki jam kerja dan permodalan yang lebih besar, adanya anggapan terhadap sistem bagi hasil yang nilainya lebih besar dibandingkan bunga konvensional, adanya beberapa kredit macet yang menghambat target pemasukan. Strategi yang dapat digunakan adalah Growth (pertumbuhan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BMT, analisis SWOT, faktor internal, faktor eksternal, strategi bersaing
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Nov 2018 11:12
Last Modified: 19 Nov 2018 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum