MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I

SUBARNIYATI, NIM. 1420421033 (2018) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I)
1420421033_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DAN PERAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO I)
1420421033_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Subarniyati. 2018. Manajemen Kepala Madrasah dan Peran Komite dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I. Tesis Magister. Pascasarjana Jurusan PGMI/Guru Kelas Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diantara sumber yang mendukung mutu pendidikan adalah adanya komitmen dari kepala sekolah dalam mengambil keputusan dan kebijakan, pemilihan serta pelaksanaan program, pemberdayaan SDM, dan pelaksanaan kontrol. Kepala sekolah dituntut untuk mempunyai kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang memadai disamping itu kedudukan masyarakat dalam manajemen sekolah untuk memajukan kualitas sekolah sangat dibutuhkan. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala madrasah, peran komite madrasah dan untuk mengetahui keberhasilan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I dipengaruhi oleh manajemen kepala madrasah dan peran komite . Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan teori manajemen pendidikan kepala madrasah dan peran komite madrasah. Adapun penelitian ini, merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dalam proses pengumulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisa data peneliti menggunakan metode interaktif yang dikembangakan Miles dan Huberman dan untuk memastikan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, peran kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I, dilakukan dengan cara menerapkan strategi manajemen madrasah mandiri yang meliputi; manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen ketenagaan, manajemen keuangan dan manajemen sarana-prasarana. Kedua, peran komite madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I, dilakukan dengan cara memaksimalkan dan mengoptimalkan tugas dan peran komite madrasah sebagai; pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan mediator dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I. Ketiga, madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I memperoleh keberhasilan dalam peningkatan mutu pendidikan karena dipengaruhi oleh kemampuan manajemen kepala madrasah dan peran komite di madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I dengan baik. Dalam hal ini kepala madrasah dan komite mampu merumuskan dan menjalankan visi dan misi madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I, dan berkat manajemen kepala madrasah yang bersinergi dengan komite madrasah secara baik maka seluruh tahap input, proses, dan output pendidikan dapat berjalan dengan baik sesuai target dan tujuan yang diharapkan. Pada akhirnya beragam prestasi dan penghargaan telah diraih oleh madrasah ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr.Mahmud Arif, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, peran, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:15
Last Modified: 21 Nov 2018 03:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31614

Actions (login required)

View Item View Item