STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA)

MASRATU, NIM. 1620420001 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA))
1620420001_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA))
1620420001_BAB II_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This study aims to 1) know the learning strategy of islamic education for children with special needs (slow learner) in Baciro Elementery School Yogyakarta, 2) to know the implementation of learning strategy of islamic education for children with special needs (slow learner) in Baciro Elementery School Yogyakarta, 3) to know the supporting factors and obstacles of the implementation of learning strategy of islamic education for children with special needs (slow learner) in Baciro Elementery School Yogyakarta. This type of research is field research by employing qualitative descriptive approach using case study method by using three data collection techniques namely observation, in-depth interview and documentation. The data analysis technique of this research is using data collection, data reduction, data presentation and verification conclusions. The sources of information of this research are principals, teacher of islamic religious education, class teachers and students of class II and III. The result of this research is learning strategy for children with special needs is direct learning strategy. In this direct learning teachers use various learning methods such as question and answer, discussions and exercises. The direct instruction strategies are used because the strategies are in accordance with the needs and abilities of children with special needs and learning methods used are various according to factors in the implementation of learning strategis for religious education islamic for children with special needs of the sincerity of teachers, the spirit of learners, parental support. Facilities and infrastructure that support in learning. Furthermore, the inhibiting factor in the implementation of islamic education learning strategy for children with special needs is teachers who are busy outside the class. Besides, the students are less attention and motivation, parents who are less supportive of their children to learn. The last factor is facilities and infrastructure is still limited and not complete. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Slow Learner) di SD Baciro Yogyakarta, 2) Mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Slow Learner) di SD Baciro Yogyakarta, 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (Slow Learner) di SD Baciro Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisa datanya menggunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Adapun sumber informasi pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru kelas dan siswa kelas III dan II. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus adalah strategi pembelajaran langsung (direct instruction), strategi ini berpusat pada guru, dalam penggunaan strategi pembelajaran langsung (direct instruction) dengan menggunakan berbagai macam metode pembelajaran seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan latihan. Pelaksanaan strategi pembelajaran langsung (direct instruction) baik karena strategi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak berkebutuhan khusus dan metode pembelajaran yang digunakan bervariasi sesuai dengan materi pelajaran. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dari keikhlasan guru, semangat peserta didik, dukungan orang tua, sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran. Selanjutnya faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dari guru yang memiliki kesibukan diluar kelas, peserta didik kurang perhatian dan motivasi, orang tua yang kurang mendukung anaknya untuk belajar, sarana dan prasarana masih terbatas dan masih belum lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: learning strategy, religious islamic education, children with special Needs, strategi pembelajaran, pendidikan agama islam, anak berkebutuhan khusus.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Nov 2018 13:19
Last Modified: 21 Nov 2018 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum