PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES SISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA

SITI MASTIYAH, NIM. 1620420003 (2018) PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES SISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES SISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA)
1620420003_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH DAN KETRAMPILAN PROSES SISWA DI MIN 1 YOGYAKARTA)
1620420003_BAB II_SAMPAI SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

This research is motivated by the importance of science learning which is oriented on giving experience directly to the students. Application of such learning, one of which can be applied through environmental-based science teaching. Environmental-based learning is very important to be implemented to develop the concept of science, where students are invited to come into direct contact with objects related to the material. The purpose of this research is to analyze the implementation of science-based learning environment around MIN 1 Yogyakarta and to know the development of scientific attitude and skills of learners process in science learning environment-based around in MIN 1 Yogyakarta. This research is a qualitative research, data collection is done by using the method of observation, interview, documentation. Analysis of research data through data reduction, data presentation, and data ferivikasi, which then checked its validity through triangulation of data. The results showed that 1) the implementation of science-based learning environment in MIN 1 Yogyakarta is done in two ways, namely in the classroom and outside the classroom. Applying science-based science lesson around using question and answer method, discussion, picture and picture and practice directly in school environment (experiment). 2) the development of scientific attitudes by classroom teachers to learners is done through the application of learning that gives stimulants to the emergence of components related to scientific attitude. Each learning activity is implemented by applying the surrounding environment as a source of learning oriented to the growth of components of scientific attitudes in the learners themselves. Components of scientific attitudes that often arise in every meeting is the attitude of curiosity, while the skill that rarely arises that is the component attitude and creativity. 3) The development of the skills of the science process in the students is done by the role of classroom teachers in designing active learning activities, learning is the learning that prioritizes the process that is directly tangent to the learners that is doing the experiment. Components of process skills that often appear in every meeting of the skills to ask questions, While the skills that rarely arise that is the component of the skills of measuring and skills applying the concept ( INDONESIA ) Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran sains yang berorientasi pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik. Penerapan pembelajaran yang demikian, salah satunya dapat diaplikasikan melalui pembelajaran IPA berbasis lingkungan. Pembelajaran berbasis lingkungan sangat penting dilaksanakan untuk mengembangkan konsep sains, karena siswa diajak untuk bersentuhan langsung dengan objek yang berkaitan dengan materi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar di MIN 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui pengembangan sikap ilmiah dan ketrampilan proses peserta didik dalam pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar di MIN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan ferivikasi data, yang kemudian diperiksa keabsahannya melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis lingkungan di MIN 1 Yogyakarta dilakukan dengan dua cara yaitu di dalam kelas dan di luar kelas. Penerapan pembelajaran IPA berbasis lingkungan sekitar menggunakan metode tanya jawab, diskusi, picture and picture dan praktek langsung di lingkungan sekolah (eksperimen). 2) pengembangan sikap ilmiah oleh guru kelas terhadap peserta didik dilakukan melalui pengaplikasian pembelajaran yang memberikan stimulan terhadap munculnya komponen-komponen terkait dengan sikap ilmiah. Setiap aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan dengan mengaplikasikan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar diorientasikan pada tumbuhnya komponen-komponen sikap ilmiah pada diri peserta didik. Komponen sikap ilmiah yang sering muncul dalam setiap pertemuan yaitu sikap ingin tahu, Sedangkan ketrampilan yang jarang sekali muncul yaitu komponen sikap penemuan dan kreatifitas. 3) Pengembangan ketrampilan proses sains pada diri peserta didik dilakukan dengan adanya peran guru kelas dalam merancang kegiatan pembelajaran yang bersifat aktif, pembelajaran tersebut yaitu pembelajaran yang mengutamakan proses yang bersinggungan langsung dengan peserta didik yaitu melakukan eksperimen. Komponen ketrampilan proses yang sering muncul dalam setiap pertemuan yaitu ketrampilan mengajukan pertanyaan, Sedangkan ketrampilan yang jarang sekali muncul yaitu komponen ketrampilan mengukur dan ketrampilan menerapkan konsep

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Science Learning, Surrounding Environment, Scientific Attitudes,Process Skills, Pembelajaran IPA, Lingkungan Sekitar, Sikap Ilmiah, Ketrampilan Proses
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:48
Last Modified: 22 Nov 2018 01:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31618

Actions (login required)

View Item View Item