MODEL SEKOLAH AMAN BENCANA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 1 BANTUL

NISFI ANISAH, NIM. 1620420011 (2018) MODEL SEKOLAH AMAN BENCANA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 1 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL SEKOLAH AMAN BENCANA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 1 BANTUL)
1620420011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL SEKOLAH AMAN BENCANA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 1 BANTUL)
1620420011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak seringkali menjadi korban kasus cidera saat terjadi kecelakaan maupun bencana alam. Data terakhir dari United Nation International Strategy For Disaster, sebanyak 60 persen anak-anak di dunia ternyata merupakan korban bencana alam. Sekolah belum sepenuhnya menjadi tempat yang aman, ramah anak, dan menyenangkan. Berbagai ancaman masih mengintai anak seperti bencana alam. Ancaman tersebut diperparah dengan kondisi sekolah yang kurang kondusif, bangunan yang tidak layak, sarana prasarana yang tidak memenuhi standar. Merujuk data 15 tahun terakhir dari BNPB tahun 2017 yang menyebutkan bahwa, terdapat 46.648 sekolah yang terdampak bencana. Berbagai data juga menunjukan bahwa. Sekolah aman bencana merupakan bentuk dari inisiatif program Pemerintah untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat yang aman, nyaman dan menyenangkan . MIN 1 Bantul telah merespon positif model sekolah yang aman bencana dengan dinobatkan sebagai peringkat 3 SEAMEO Japan Education for Sustainable Development (ESD) Award, sebuah penghargaan Internassional Sekolah Siaga Bencana se-Asia Pasifik tahun 2012. Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Organisasi Kementerian Pendidikan Asia Tenggara (Southeast Asian Ministers of Education Organization, SEAMEO) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan memberikan rincian yang kompleks berkaitan dengan fenomena yang terjadi sehingga menjadikan peneliti sebagai instrumen penelitian. Jenis sampel yang digunakan pada penelitian ini berjenis purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) motivasi MIN 1 Bantul membentuk sekolah aman bencana dilatarbelakangi gempa tahun 2006. MIN 1 Bantul menyadari akan pentingnya pendidikan keamanan bagi warga madrasah. (2) pelaksanaan program sekolah aman bencana di MIN 1 Bantul berupa sekolah siaga bencana sudah berjalan dengan baik. Program tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan kerangka kerja struktural dan non struktural serta mengacu 3 pilar sekolah aman bencana yang meliputi fasilitas sekolah aman, manajemen bencana di sekolah, dan pendidikan pencegahan. (3) Keterkaitan sekolah aman bencana dengan pendidikan karakter adanya keselarasan pelaksanaan sekolah aman bencana dengan pembiasaan yang dilakukan di MIN 1 Bantul. Pendekatan yang digunakan meliputi terintegrasi dalam semua mata pelajaran, pengembangan budaya satuan pendidikan, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan pembiasaan perilaku dalam kehidupan madrasah. Selain itu melalui pendekatan inkulkasi (inculcation), keteladanan (modeling), fasilitasi (facilitation), dan pengembangan keterampilan (skill building). Nilai karakter yang teraktualisasikan meliputi disiplin, tanggung jawab, kerjasama, saling percaya, tolong menolong, dan sikap siaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sekolah Aman Bencana, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Nov 2018 06:53
Last Modified: 22 Nov 2018 06:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item