PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAINS (STUDI KOMPARASI MIN 2 SLEMAN DAN SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)

R RASIDAH, NIM. 1620420025 (2018) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAINS (STUDI KOMPARASI MIN 2 SLEMAN DAN SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAINS (STUDI KOMPARASI MIN 2 SLEMAN DAN SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA))
1620420025_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAINS (STUDI KOMPARASI MIN 2 SLEMAN DAN SD MUHAMMADIYAH BODON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA))
1620420025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler sains merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran kurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler sains bertujuan untuk menunjang minat, bakat dan kemampuan peserta didik pada materi sains, agar peserta didik siap dalam mengikuti ajang perlombaan. Seperti perlombaan olimpiyade sains. Sebagaimana kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilaksanakan di MIN 2 Sleman dan SD Muhammadiyah Bodon. Permasalahan dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sains di MIN 2 Sleman dan SD Muhammadiyah Bodon? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sains di MIN 2 Sleman dan SD Muhammadiyah Bodon? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler sains di MIN 2 Sleman dan SD Muhammadiyah Bodon? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis komparatif. Penelitian dilakukan terhadap proses kegiatan ekstrakurikuler sains yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler sains di MIN 2 Sleman dan SD Muhammadiyah Bodon. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Landasan teori yang digunakan yaitu PERMENDIKBUB Nomor 81A Tahun 2016 tentang “Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di SD/MI”. Penelitian ini menemukan bahwa: Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler sains di MIN 2 Sleman disusun sesuai dengan panduan teknis kegiatan ekstrakurikuler yaitu tujuan, jenis kegiatan, sasaran, rangkaian kegiatan, pelaksanan kegiatan, waktu kegiatan, tempat kegiatan, peralatan yang digunakan dan anggaran kegiatan. Tetapi masih kurang rangkaian pelaksanaan kegiatan. Di SD Muhammadiyah Bodon sudah tersusun sesuai dengan panduan teknis kegiatan ekstrakurikuler seperti di atas. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuer sains di MIN 2 Sleman kurang berjalan dengan baik karena proses pembelajaran kurang inovatif. Di SD Muhammadiyah Bodon pelaksanaan berlangsung cukup baik, karena proses pembelajaran dilakukan dengan berbagai eksperimen. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler sains di MIN 2 Sleman menggunakan sistem tes tertulis dan tanya jawab untuk peserta didik, untuk koordinator ekstrakurikuler sains dan kepala sekolah kepada pembimbing dilakukan sharing tanya jawab melaui media sosial di grub whatsapp. Di SD Muhammadiyah Bodon evaluasi dilakukan sebagaimana di MIN 2 Sleman. Namun ditambah dengan evaluasi koordinator ekstrakurikuler sains oleh kepala sekolah saat pertemuan rapat setahun sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Kegiatan Ekstrakurikuler Sains
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Nov 2018 14:01
Last Modified: 22 Nov 2018 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum