PEMANFAATAN AIR CUCIAN BERAS DAN BEKATUL SEBAGAI BAHAN BIOFERTILISER DENGAN INOKULAN BAKTERI AZOSPIRILLUM SP TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L)

PUTRI RAHMAYANI, NIM. 11640045 (2018) PEMANFAATAN AIR CUCIAN BERAS DAN BEKATUL SEBAGAI BAHAN BIOFERTILISER DENGAN INOKULAN BAKTERI AZOSPIRILLUM SP TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN AIR CUCIAN BERAS DAN BEKATUL SEBAGAI BAHAN BIOFERTILISER DENGAN INOKULAN BAKTERI AZOSPIRILLUM SP TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L))
11640045_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN AIR CUCIAN BERAS DAN BEKATUL SEBAGAI BAHAN BIOFERTILISER DENGAN INOKULAN BAKTERI AZOSPIRILLUM SP TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L))
11640045_BAB-II_sampai_ BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan dan produktivitas tanaman kacang panjang (Vigna sinensis L) dipengaruhi oleh kesuburan tanah. Kesuburan tanah diantaranya dipengaruhi oleh pemberian pupuk organik (Biofertilizer) yang di dalamnya terdapat bakteri. Azospirillum sp merupakan bakteri penambat nitrogen non simbiotik yang hidup bebas yang berperan dalam menjaga kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas air cucian beras, bekatul dan bakteri Azospirillum sp sebagai bahan Biofertilizer terhadap pertumbuhan tanaman kacang panjang (Vigna sinensis). Media tanam yang digunakan berupa sampel tanah yang telah disterilkan, kemudian diberi 4 macam perlakuan yaitu dengan penambahan media air cucian beras, bekatul, air cucian beras dan bekatul. Masing-masing perlakuan diinokulasi bakteri Azospirillum sp. Perhitungan koloni bakteri Azospirillum sp menggunakan metode cawan hitung (plate count). Pertumbuhan tanaman kacang panjang (Vigna sinensis) diukur dari tinggi tanaman, jumlah daun dan berat polong. Hasil analisis data menggunakan Independent-sample Test terhadap jumlah koloni bakteri Azospirillum sp menunjukkan bahwa perlakuan memberikan perbedaan yang tidak signifikan. Setelah dilakukan pengukuran pertumbuhan tanaman diketahui pemberian perlakuan memberikan perbedaan yang tidak signifikan terhadap jumlah daun, tinggi tanaman dan berat polong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Arifah Khusnuryani., M.Si
Uncontrolled Keywords: Biofertiliser, Azospirillum sp, Kacang panjang
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2018 08:54
Last Modified: 26 Nov 2018 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum