PELAKSANAAN PEMBIAYAAN LEMBAGA PEMBIAYAAN EKSPOR INDONESIA (LPEI) TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH BERORIENTASI EKSPOR DI KANWIL SURAKARTA

JANWAR WELY, NIM. 10340081 (2018) PELAKSANAAN PEMBIAYAAN LEMBAGA PEMBIAYAAN EKSPOR INDONESIA (LPEI) TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH BERORIENTASI EKSPOR DI KANWIL SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBIAYAAN LEMBAGA PEMBIAYAAN EKSPOR INDONESIA (LPEI) TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH BERORIENTASI EKSPOR DI KANWIL SURAKARTA)
10340081_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBIAYAAN LEMBAGA PEMBIAYAAN EKSPOR INDONESIA (LPEI) TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH BERORIENTASI EKSPOR DI KANWIL SURAKARTA)
10340081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia eximbank adalah sebuah lembaga pembiayaan yang memiliki sifat khusus (lex specialis sui generis) berdasarkan Undang Undang No 2 tahun 2009; tidak tunduk pada peraturan Perbankan, BUMN, OJK, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Perasuransian. Dalam menjalankan peran pembiayaan (kredit) ekpor kepada masyarakat, LPEI memiliki satu kantor pusat dan memiliki empat kantor wilayah yang tersebar di seluruh indonesia, salah satunya adalah kanwil surakarta. LPEI surakarta memberikan bantuan kepada UMKM berorientasi ekspor dalam memenuhi kebutuhan permodalan ekspor. Penelitian ini mempertanyakan, bagaimana pelaksanaan pembiayaan LPEI terhadap UKM berorientasi ekspor di Kanwil Surakarta. Pertanyaan ini akan dijawab dengan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. dilakukan dengan metode deduktif, penyusun memulai dengan mengumpulkan data lewat wawancara dan pengumpulan data pendukung lainnya. Kumpulan informasi tersebut selanjutnya dianalisa dengan pendekatan dan mekanisme pelaksanaan pembiayaan dalam hukum perdata. Setelah proses analisa penyusun menemukan beberapa poin sebagai hasilnya, pertama LPEI surakarta menjalankan peranya berkoordinasi dengan membagi peran dengan LPEI pusat dijakarta. Kedua pelaksanaan pembiayaan LPEI surakarta terhadap UKM dijalankan dengan model pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor (KURBE), dengan dua metode; pembeiayaan modal kerja ekspor dan pembiayaan investasi ekspor. Terkait besaran pembiayaan perjanjian KURBE terbagi tiga, mikro, kecil dan menegah. Ketiga layaknaya dalam hubungan keperdataan, LPEIsebagai pihak pertama dan UKM sebagai pihak kedua terikat dalam kontrak perjanjian. jika pihak kedua tidak mampu mengembalikan pinjaman, maka ada beberapa mekanisme penyelesaian, dimulai dari memperpanjang masa waktu penagihan, mengurangi besar cicilan hingga pada penarikan aset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H, M.Hum Dr. SRI WAHYUNI, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Lembaga Ekspor, Pembiayaan, UMKM, Perjanjian.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2018 14:13
Last Modified: 26 Nov 2018 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum