KONTRAK PENGADAAN BARANG DAN JASA ANTARA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN KEBUMEN DENGAN CV. HARUMABUS (STUDI PENGADAAN KAPAL PERIKANAN 3GT)

SEPTI KURNIA SARI, NIM. 13340051 (2018) KONTRAK PENGADAAN BARANG DAN JASA ANTARA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN KEBUMEN DENGAN CV. HARUMABUS (STUDI PENGADAAN KAPAL PERIKANAN 3GT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRAK PENGADAAN BARANG DAN JASA ANTARA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN KEBUMEN DENGAN CV. HARUMABUS (STUDI PENGADAAN KAPAL PERIKANAN 3GT))
13340051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONTRAK PENGADAAN BARANG DAN JASA ANTARA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN KEBUMEN DENGAN CV. HARUMABUS (STUDI PENGADAAN KAPAL PERIKANAN 3GT))
13340051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan barang dan jasa merupakan bagian yang penting yang tidak dapat dipisahkan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ketentuan umum dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/ Jasa menjelaskan bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah yang selanjutnya disebut pengadaan barang/jasa adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa oleh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang/jasa. Di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen sendiri ada beberapa kegiatan pengadaan barang/jasa dalam kegiatan pengembangan sarana alat tangkap, salah satunya yaitu pengadaan kapal perikanan 3GT. CV. Harumabus merupakan penyedia jasa yang terpilih dalam pengadaan kapal tersebut melalui metode lelang sederhana pascakualifikasi satu file/sampul dengan sistem gugur. Namun dalam pelaksanaannya penyedia jasa yaitu CV.Harumabus tidak dapat memenuhi prestasinya sebagaimana yang termuat dalam kontrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan kontrak pengadaan barang/jasa dan jenis wanprestasi dalam pelaksanaan kontrak pengadaan barang/jasa pada pengadaan kapal perikanan 3GT di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen dengan CV. Harumabus dan untuk mengetahui bagaimana upaya penyelesaian wanprestasi dalam Pelaksanaan Kontrak pengadaan kapal perikanan 3GT di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen (Dinlutkan) dengan CV. Harumabus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), maka penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif analitis dan metode penelitian yang diterapkan dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Kebumen Kabupaten Kebumen, penulis mengumpulkan data yang diperlukan dengan cara observasi melakukan wawancara di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen untuk mendapatkan informasi-informasi yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan kapal perikanan 3GT di Dinlutkan Kebumen telah sesuai dengan KUHPerdata dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan segala peraturan perubahannya, namun dalam pelaksanaannya penyedia jasa melakukan wanprestasi yaitu tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai waktu yang di tentukan dalam kontrak. Dalam hal ini yang menjadi faktor penyebab terjadinya wanprestasi adalah kelalaian dari pihak penyedia jasa itu sendiri. Mengenai upaya penyelesaian wanprestasi yang ditempuh, para pihak mengupayakan dengan cara damai yaitu melalui alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan (non litigasi) dengan cara negosiasi untuk mencari solusi melalui rmusyawarah di antara para pihak. Hal ini didahului dengan pemberian surat teguran oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabuapaten Kebumen kepada penyedia jasa dan mengharuskan penyedia jasa untuk menyelesaikannya pekerjaan sampai selesai dan juga dikenakan denda kepada penyedia jasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: kontrak, pengadaan barang/jasa, wanprestasi, penyelesaian wanprestasi.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2018 14:33
Last Modified: 26 Nov 2018 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31703

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum