TANGGUNG JAWAB PENYEWA PADA TERJADINYA OVERTIME DALAM SEWA-MENYEWA MOBIL (STUDI KASUS JAVA TRANSPORT RENT CAR, TOUR & TRAVEL)

MOHAMAD YOGA AL GHOZI, NIM. 13340103 (2018) TANGGUNG JAWAB PENYEWA PADA TERJADINYA OVERTIME DALAM SEWA-MENYEWA MOBIL (STUDI KASUS JAVA TRANSPORT RENT CAR, TOUR & TRAVEL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANGGUNG JAWAB PENYEWA PADA TERJADINYA OVERTIME DALAM SEWA-MENYEWA MOBIL (STUDI KASUS JAVA TRANSPORT RENT CAR, TOUR & TRAVEL))
13340103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TANGGUNG JAWAB PENYEWA PADA TERJADINYA OVERTIME DALAM SEWA-MENYEWA MOBIL (STUDI KASUS JAVA TRANSPORT RENT CAR, TOUR & TRAVEL))
13340103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Wanprestasi pada perjanjian sewa-menyewa mobil merupakan salah satu bentuk perjanjian yang menjadikan hubungan hukum antara dua subyek hukum yang terkait di dalamnya, yaitu pihak yang menyewakan dan pihak penyewa yang salah satu pihak tersebut ada yang tidak memenuhi perjanjian sewa-menyewa. Dalam praktik perjanjian sewa-menyewa mobil tidak semuanya berjalan lancar sesuai apa yang telah di perjanjikan di awal saat masing-masing pihak membuat perjanjian. Namun masih saja terjadi wanprestasi yang dilakukan salah satu pihak dalam perjanjian sewa-menyewa mobil, seperti pada kasus mobil rental yang digunakan penyewa untuk mencuri dan mengakibatkan ditahannya mobil sebagai barang bukti dan terjadi overtime dalam masa sewa mobil yang menimbulkan kerugian bagi jasa rental Java Transport Rent Car, Tour, & Travel. Berdasarkan permasalahan dalam skripsi ini, penyusun membahas mengenai bagaimana upaya yang dilakukan oleh pihak Java Transport Rent Car, Tour, & Travel serta penyelesaian wanprestasi pada perjanjian sewa-menyewa mobil di jasa rental mobil Java Transport Rent Car, Tour, & Travel sehingga sudah sesuai atau belum dengan Undang-Undang yang berlaku dan bagaimana tanggung jawab penyewa terhadap wanprestasi yang dilakukan. Untuk memperoleh data dari penulisan skripsi ini dilakukan penelitian lapangan dan kepustakaan. Data lapangan digunakan untuk memperoleh data primer yaitu melalui wawancara dengan pihak Java Transport Rent Car, Tour, & Travel. Sedangkan untuk memperoleh data sekunder dilakukan dengan cara membaca buku-buku, karya ilmiah, jurnal, peraturan undang-undang, dan bahan lain yang bersangkutan dengan skripsi ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penyelesaian kasus wanprestasi dilakukan dengan cara musyawarah anatara pihak Java Transport Rent Car, Tour, & Travel dengan pihak penyewa dan membuat surat perjanjian bermaterai dan jaminan sebuah sertifikat tanah yang ditujukan kepada pihak penyewa dan harus bertanggung jawab dengan ganti rugi yang dilakukan oleh pihak penyewa sesuai dengan kerugian yang diderita oleh pihak Java Transport Rent Car, Tour, & Travel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. BUDI RUHIATUDIN, S.H., M.Hum. 2. SAIFUDDIN, SHI., MSI.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Sewa-Menyewa, Wanprestasi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:49
Last Modified: 27 Nov 2018 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum