HAK-HAK KORBAN DALAM PEMBUNUNUHAN TIDAK SENGAJA (STUDI PERBANDINGAN ANTARA HUKUM PIDANA INDONESIA DENGAN HUKUM ISLAM)

ULFA AFRIANI, NIM. 14340011 (2018) HAK-HAK KORBAN DALAM PEMBUNUNUHAN TIDAK SENGAJA (STUDI PERBANDINGAN ANTARA HUKUM PIDANA INDONESIA DENGAN HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HAK-HAK KORBAN DALAM PEMBUNUNUHAN TIDAK SENGAJA (STUDI PERBANDINGAN ANTARA HUKUM PIDANA INDONESIA DENGAN HUKUM ISLAM))
14340011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HAK-HAK KORBAN DALAM PEMBUNUNUHAN TIDAK SENGAJA (STUDI PERBANDINGAN ANTARA HUKUM PIDANA INDONESIA DENGAN HUKUM ISLAM))
14340011_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam tindak pidana pembunuhan tidak sengaja korban jangan hanya diposisikan sebagai objek tindakan kejahatan, tetapi juga harus diposisikan sebagai subjek yang perlu mendapatkan perlindungan. Karena korban merupakan subjek yang paling menderita. Sebagai pihak yang menderita akibat suatu tindak pidana, korban perlu mendapatkan perlindungan atas hak-haknya. Tuntutan pemenuhan hak dalam penelitian ini adalah terhadap pembunuhan tidak sengaja. Dalam hukum positif hak-hak termaktub dalam Undang-undang Nomor 31 Tahun 2014, sedangkan dalam hukum Islam hak-hak terhadap korban pembunuhan tidak sengaja termaktub dalam surat An- nisa ayat 92. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana perbandingan terkait hakhak korban tindak pidana pembunuhan tidak sengaja prespektif hukum pidana Indonesia dan hukum Islam? Apa yang bisa disumbangkan hukum Islam terhadap hukum pidana Indonesia terkait korban pembunuhan tidak sengaja?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis komparatif, yaitu penelitian yang memaparkan tinjauan hukum pidana Indonesia dan hukum Islam mengenai pemenuhan hak-hak korban dalam pembunuhan tidak sengaja yang dianalisa secara induktif yang diinterprestasikan kemudian disimpulkan. Pengumpulan data menggunakan study kepustakaan (library research) yang meliputi membaca dan menelaah referensi/literatur hukum normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa hukum pidana Indonesia dan hukum Islam telah memberikan perlindungan terhadap korban pembunuhan tidak sengaja dengan adanya ganti kerugian. Dalam hukum pidana Indonesia besarnya ganti kerugian sesuai dengan keputusan hakim sedangkan dalam hukum Islam besarnya ganti kerugian telah ditetapkan semenjak hukum Islam turun ke muka bumi. Adapun sumbangan gagasan hukum Islam terhadap hukum pidana Indonesia adalah adanya keterlibatan korban dalam proses peradilan serta adanya proses damai dan sistem peradilan yang tidak berbelit-belit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. AHMAD BAHIEJ, S.H, M.HUM 2. Dr. LINDRA DARNELA, S.AG, M. HUM
Uncontrolled Keywords: Hak- hak korban, pembunuhan tidak sengaja, perbandingan hukum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:55
Last Modified: 27 Nov 2018 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum