BIBLIOGRAFI PERPUSTAKAAN (Studi Pemikiran Ibn An-Nadīm Mengenai Bibliografi Perpustakaan dalam Kitab Al-Fihrisat Li Ibn An-Nadīm)

Akmal Faradise, NIM.13140067 (2018) BIBLIOGRAFI PERPUSTAKAAN (Studi Pemikiran Ibn An-Nadīm Mengenai Bibliografi Perpustakaan dalam Kitab Al-Fihrisat Li Ibn An-Nadīm). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BIBLIOGRAFI PERPUSTAKAAN (Studi Pemikiran Ibn An-Nadīm Mengenai Bibliografi Perpustakaan dalam Kitab Al-Fihrisat Li Ibn An-Nadīm))
13140067_BAB -I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BIBLIOGRAFI PERPUSTAKAAN (Studi Pemikiran Ibn An-Nadīm Mengenai Bibliografi Perpustakaan dalam Kitab Al-Fihrisat Li Ibn An-Nadīm))
13140067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Bibliografi Perpustakaan (Studi Pemikiran Ibn An- Nadīm Mengenai Bibliografi Perpustakaan Dalam Kitab Al-Fihrisat Li Ibn An- Nadīm) ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Ibn An-Nadīm mengenai bibliografi perpustakaan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai referensi tambahan mengenai bibliografi perpustakaan dari sudut pandang pemikir Muslim dan sebagai tambahan koleksi baru mengenai Islamic Studies-Ilmu Perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan sumber primer Al-Fihrisat li Ibn An- Nadīm berbahasa Arab dan Inggris serta sumber sekunder dari berbagai literatur. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, purposive sampling dan biographical research untuk pengumpulan data. Analasis yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ide bibliografi lebih kepada bibliografi data pengarang dan bersifat enumeratif. Dalam kitabnya, Ibn An-Nadīm memberikan informasi mengenai nama lengkap, keterangan lahir-wafat, karya, pendidikan, pemikiran dan komentarnya terhadap seorang pengarang. Akses informasi Ibn An-Nadīm terhadap suatu pengarang memengaruhi panjang entri. Pembagian sepuluh bab yang ada dalam kitab Al-Fihrisat li Ibn An-Nadīm dipengaruhi oleh klasifikasi keilmuan yang berkembang kala itu. Peneliti memberikan dua rekomendasi untuk penelitian serupa kedepannya. Pertama, penelitian selanjutnya perlu untuk tiap bab kitab Al-Fihrisat li Ibn An-Nadīm untuk mencari kecenderungannya. Kedua, penelitian selanjutnya dapat membandingkan kitab ini dengan kitab bibliografi jenis lain. Perbandingan kitab Al-Fihrisat li Ibn An-Nadīm dengan kitab lain dapat menjadi sebuah informasi baru bagaiman perkembangan pencatatan bibliografi pada era Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurdin Laugu, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bibliografi, Ensiklopedi, Indeks, Ilmu Perpustakaan, Studi Keislaman
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Nov 2018 11:53
Last Modified: 29 Nov 2018 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum