TSAMARATUL INSAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA JAMBI (1915-1972 M)

Masitoh, NIM.13120004 (2018) TSAMARATUL INSAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA JAMBI (1915-1972 M). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TSAMARATUL INSAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA JAMBI (1915-1972 M))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TSAMARATUL INSAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA JAMBI (1915-1972 M))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tsamaratul Insan adalah organisasi sosial-keagamaan. Organisasi ini mempunyai maksud dan tujuan untuk menanamkan keyakinan atau aqidah Islamiyah, dan untuk mempersatukan Masyarakat Islam Jambi, serta mengkoordinir terutama masalah-masalah sosial, seperti pendidikan, kesehatan, dan kemalangan. Penelitian ini penting dilakukan sebagai studi sejarah Islam. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keadaan sosial-keagamaan masyarakat Jambi sebelum berdirinya Tsamaratul Insan, sejarah berdiri dan usaha, serta perkembangan pendidikan Tsamaratul Insan. Penelitian ini adalah penelitian mengenai sejarah sosial, yakni sejarah sosial-pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis, dengan tiga konsep : gerakan sosial-keagamaan, kelembagaan atau organisasi, dan pendidikan Islam. Adapun teori yang digunakan adalah teori fungsionalisme struktural. Metode penelitian yang dipakai adalah metode sejarah yang terdiri dari heuristik adalah pengumpulan data dilakukan melalui penelitian literatur dan lapangan, verifikasi dan interpretasi dengan menggunakan konsep dan teori di atas, serta historiografi secara deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini menyimpulkan, pertama, bahwa Tsamaratul Insan sebagai organisasi berhasil berdiri secara resmi dengan izin dari Residen Jambi No. 1636, tanggal 10 September 1914, bertepatan dengan tanggal 1 Zulhijjah 1333, atas peran dari Sayyid Ali Al-Musawwa. Kedua, usaha Tsamaratul Insan dapat dibedakan menjadi 3 bidang, yaitu bidang dakwah, pendidikan dan ekonomi. Usaha Tsamaratul Insan yang paling menonjol yakni mendirikan lembaga pendidikan formal, yakni: Madrasah Nurul Iman, Madrasah Nurul Islam, Madrasah Sa’adatuddaren, dan Madrasah Al-Jauhharen. Ketiga, perkembangan pendidikan yang dilakukan Tsamaratul Insan mengalami kemajuan dan kemunduran, di mulai dengan berkuasanya pemerintah Belanda, yakni pendidikan berlaku berdasarkan golongan antara pribumi dan Belanda, serta sekolah partikelir atau sekolah keagamaan mendapat pengawasan ketat, termasuk 4 madrasah yang didirikan Tsamaratul Insan. Selanjutnya masa kependudukan Jepang, perubahan penting terjadi yakni dihapuskannya perbedaan pengajaran golongan Belanda dan golongan pribumi, serta pemakaian bahasa Indonesia baik sebagai bahasa resmi maupun sebagai bahasa pengantar di sekolah. Selanjutnya, pada masa kemerdekaan, perkembangan pendidikan Islam semakin meningkat, terbukti dengan adanya undang-undang pokok pendidikan no. 4 th 1950 yo nomor 12 tahun 1954, maka pembangunan tempat pendidikan serta penyusunan metode belajar yang sesuai dengan zaman terus dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Dudung Abdurahman, M. Hum,
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Tsamaratul Insan, Pendidikan Islam.
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Nov 2018 14:52
Last Modified: 29 Nov 2018 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum