LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V MIN TANURAKSAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

NUR AFNI, NIM. 13480019 (2018) LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V MIN TANURAKSAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V MIN TANURAKSAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V MIN TANURAKSAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017)
13480019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nur afni. Literasi Sains Peserta Didik Kelas V MIN Tanuraksan Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Hasil penilaian terbaru Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2015 terhadap kemampuan literasi sains Indonesia adalah 403 dari nilai rata-rata 493 dan berada di peringkat 62 dari 70 anggota. Dari hasil penilaian tersebut menyatakan bahwa literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah. Dari permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui kemampuan Literasi Sains Peserta Didik dalam skala yang lebih kecil. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda berjumlah 16 soal yang telah di validasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris keterpakaian menggunakan program Anates V-4. Populasinya yakni peserta didik kelas V MIN Tanuraksan Kebumen Jawa Tengah. Analisis data yang digunakan yakni dengan statiska deskriptif. Menurut PISA literasi sains memiliki tiga dimensi yakni dimensi konteks, dimensi proses (menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah) dan dimensi sikap (mendukung inquiry sains dan ketertarikan terhadap sains). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik MIN Tanuraksan telah mencapai literasi sains dengan kategori tinggi pada presentase 62,16%. Pada indikator pengetahuan sains memiliki persentase sebesar 80,35% dengan kategori sangat tinggi. Indikator menggunakan bukti ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah memiliki persentase sebesar 54,16% dengan kategori sedang. Indikator mendukung inquiry sains dan ketertarikan terhadap sains memiliki persentase sebesar 66,51% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.Agung Rokhimawan M.Pd
Uncontrolled Keywords: PISA, Kemampuan Literasi Sains, MIN Tanuraksan Kebumen
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Nov 2018 09:10
Last Modified: 30 Nov 2018 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum