PENGARUH KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

DWI CAHYANI FITRI AMALIA, NIM. 10481034 (2018) PENGARUH KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
10481034_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (45MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
10481034_BAB-II_sampai_IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Dwi Cahyani Fitri Amalia, "Pengaruh Keikutsertaan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDIT Salsabila 3 Banguntapan".Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas SDIT Salsabila 3 Banguntapan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan wawancara. Uji coba instrument dilakukan kepada 6 responden di MI Al Muhsin II.Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Sebelum melakukuan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDIT Salsabila 3 Banguntapan tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,639 dan koefisien determinasi (r2 xy) sebesar 0,256 dengan jumlah responden sebanyak 24 siswa, dan diperoleh persamaan regresi sederhana Y =9,967+ 0,097X, yang artinya jika X ditingkatkan satu satuan maka Y akan naik sebesar 0,097. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rajin bimbingan belajar maka semakin tinggi hasil belajarnya dan begitu pula sebaliknya. Terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan keikutsertaan bimbingan belajar dari nilai rapor siswa pada Ujian Akhir Semester Gasal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia rata-rata (mean) untuk hasil belajar siswa yang bimbingan belajar adalah 89,92 dan untuk hasil belajar siswa yang tidak bimbingan belajar adalah 83,47. Pada mata pelajaran matematika rata-rata (mean) untuk hasil belajar siswa yang bimbingan belajar adalah 86,96 dan untuk hasil belajar siswa yang tidak bimbingan belajar adalah 83,59. Sedangkan untuk rata-rata (mean) pada mata pelajaran IPA untuk hasil belajar siswa yang bimbingan belajar adalah 85,67 dan untuk hasil belajar siswa yang tidak bimbingan belajar adalah 80,41.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:40
Last Modified: 04 Dec 2018 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31774

Actions (login required)

View Item View Item