IMPLEMENTASI AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH BAITUL MAAL WAT TANWIL (KSPPS BMT) SABILUL MUHTADIN PLUMBON, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Anisa Rahmawati NIM 13240026, NIM 13240026 (2018) IMPLEMENTASI AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH BAITUL MAAL WAT TANWIL (KSPPS BMT) SABILUL MUHTADIN PLUMBON, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH BAITUL MAAL WAT TANWIL (KSPPS BMT) SABILUL MUHTADIN PLUMBON, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
13240026_BAB-I_IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH BAITUL MAAL WAT TANWIL (KSPPS BMT) SABILUL MUHTADIN PLUMBON, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
13240026-BAB II_sampai_sebelum BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya manusia memiliki kemungkinan mengalami penurunan kinerja yang bisa saja disebabkan oleh kesesuaiaan kerja dan juga tuntutan kualifikasi yang lebih baik. Untuk itulah audit sdm diperlukan untuk melihat dan menilai kinerja sdm ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan triangulasi teknik sumber data sebagai alat untuk melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan program dan kegiatan pengelolaan sdm di KSPPS BMT Sabilul Muhtadin meliputi perencanaan pengelolaan sdm, rekrutmen dan seleksi, orientasi dan penempatan. Program itu ditujukan sebagai bentuk peningkatan kualitas sdm. Perolehan karyawan BMT itu lebih diprioritaskan kepada sdm yang berada di sekitar BMT itu. Rekrutmen dimulai dari seleksi administrasi hingga training. Orientasi dan penempatan dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan pelamar dan kualifikasi yang dimiliki. Terdapat langkah-langkah dalam audit sdm xi yakni audit pendahuluan, review sistem manajemen, audit lanjutan, pelaporan dan tindak lanjut. Audit lanjutan dilakukan dengan melakukan peninjauan terhadap iklim kerja antar sdm yang ada. Review yakni bagaimana lembaga memberikan penilaian kinerja sdm yang ada. Audit lanjutan ini berhubungan dengan umpan balik yang diberikan manajer kepada staff. Palaporan yang dimaksud yakni laporan khusus yang berkaitan dengan kinerja karyawan. Tindak lanjut dilaksanakan dengan menekankan bahwa nilai kinerja sdm tersebut memerlukan perubahan baik dari segi kualitas maupun kuantitas sdm yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Mikhriani, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Audit Sumber Daya Manusia, KSPPS BMT Sabilul Muhtadin
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Dec 2018 06:42
Last Modified: 03 Dec 2018 06:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item View Item