ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA di PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Risfi Kurnena, NIM. 14240009 (2018) ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA di PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA di PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14240009_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA,_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA di PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14240009_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Analisis Beban Kerja (ABK) sebagai dasar perencanaan sumber daya manusia. FTE ( Full Time Equivalent) merupakan satuan untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja. FTE di Perpustakaan berdasarkan pada aktivitas unit. Unit kerja yang di ukur ada 8 unit kerja yaitu bagian administrasi, bagian pemeliharaan dan pengembangan bahan pustaka, bagian pengadaan bahan pustaka, bagian repository digital, bagian sistem informasi, bagian sirkulasi, bagian referensi, dan bagian informasi. Jenis penilitian yaitu Evaluasi-Formatif, kualitatif. Peneliti sebagai evaluator eksternal. Melakukan ABK untuk menjadi dasar perencanaan SDM, dengan menggunakan empat cara pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan 3 cara yaitu kreadibilitas, transferability, confirmability, dan depenability. Temuan dalam penelitian ini yaitu SDM yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan berjumlah 45 orang. Sedangkan SDM yang tersedia hanya 36 orang. Maka terjadi GAP (kekurangan SDM untuk melakukan aktivitas pelayanan). Solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut adalalah melalui perencanaan SDM dengan melakukan proses rekrutment. Akan tetapi proses rekrutment di perpustakaan memerlukan proses yang cukup panjang dan lama. Oleh karena itu untuk mengatasi kekurang SDM dilakukan perencanaan alternatif. Perencanaan alternatif tersebut terdiri dari 5 hal yaitu optimalisasi SDM, Pembagian kerja, menjaga kerja sama dengan tenaga kontrak, menjaga kesejahteraan PNS, dan rekrutment sahabat perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis Beban Kerja, Perencanaan SDM, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Dec 2018 07:02
Last Modified: 03 Dec 2018 07:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31784

Actions (login required)

View Item View Item