PROGRAM PAGUYUBAN ORANG TUA WALI MURID (POWM) DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN

HASNIK ROSYIDATUN, NIM. 13480017 (2018) PROGRAM PAGUYUBAN ORANG TUA WALI MURID (POWM) DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PAGUYUBAN ORANG TUA WALI MURID (POWM) DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN)
13480017_BAB-I_IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PAGUYUBAN ORANG TUA WALI MURID (POWM) DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN)
13480017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK. Hasnik Rosyidatun, "Program Paguyuban Orang Tua Wali Murid (POWM) dalam Meningkatkan Pembinaan Kegiatan Keagamaan di MI Ma’arif Bego Sleman.". Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan agama adalah salah satu pendidikan yang penting sebagai benteng suatu moral untuk mengatasi kenakalan remaja. Terjadi kecenderungan menurunnya akhlak dan moral yang menyebabkan lunturnya tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial, seperti terjadinya tawuran pelajar dan kenakalan remaja. Dalam hal ini pendidikan agama menjadi sangat penting sebagai landasan akhlak dan moral serta budi pekerti yang luhur perlu diberikan kepada anak didik sejak dini. Dengan demikian, hal itu akan menjadi landasan yang kuat bagi kekokohan moral dan etika setelah terjun ke masyarakat. Maka, perlu diadakannya program pembinaan kegiatan keagamaan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: penyusunan program, pelaksanaan program serta faktor pendukung dan penghambat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penyusunan program paguyuban orang tua wali murid (powm) dalam meningkatkan pembinaan kegiatan keagamaan. 2) Bagaimana pelaksanaan program paguyuban orang tua wali murid (powm) dalam meningkatkan pembinaan kegiatan keagamaan, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat program paguyuban orang tua wali murid (powm) dalam meningkatkan pembinaan kegiatan keagamaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok, atau situasi. Pengambilan data melalui instrumen observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penyusunan program paguyuban orang tua wali murid (powm) dalam meningkatkan pembinaan kegiatan keagamaan ini, memiliki beberapa tahapan yaitu: persiapan dan perumusan program. 2) Pelaksanaan program paguyuban orang tua wali murid (POWM) dalam meningkatkan pembinaan kegiatan keagamaan, yaitu dengan: a) pelaksanaan kerjasama madrasah dengan orang tua, dan b) pelaksanaan kegiatan keagamaan oleh peserta didik, c) evaluasi pelaksanaan program. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program paguyuban orang tua wali murid (POWM) dalam meningkatkan pembinaan kegiatan keagamaan, memiliki 4 identifikasi, yaitu: a) komunikasi, b) sumber daya manusia dan financial, c) sikap atau disposisi, dan d) struktur birokrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: program kerjasama orang tua , pembinaan kegiatan keagamaan, MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:42
Last Modified: 04 Dec 2018 01:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31790

Actions (login required)

View Item View Item