IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

FARIKHA HASLUZIA DANESWARA, NIM. 13480121 (2018) IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
13480121_BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN)
13480121_BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Farikha Hasluzia Daneswara, 2017. Implementasi Sistem Full Day School Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem full day school terhadap perkembangan keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), hasil dari penerapan sistem full day school (FDS) dan pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan sistem full day school dan pembelajaran IPS di kelas V SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus yang dilakukan di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan sistem full day school di SDIT Salsabila 3 Banguntapan sudah melalui tahap (a) Sosialisasi (b) Pemberdayaan (c) Uji Coba (d) Pelaksanaan. (2) Penerapan pembelajaran IPS di kelas V menggunakan metode active learning, yang mana setiap kelas dan setiap wali kelas melakukan inovasi pembelajaran agar materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan maksimal dan dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. (3) Hasil penerapan sistem full day school terhadap pengembangan keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran IPS antara lain (a) Keterampilan bersosialisasi (b) Keterampilan bercakap-cakap (c) Sifat humoris (d) Jalinan persahabatan (e) Kemampuan berperan serta dalam kelompok sebaya (f) Kemampuan bergaul dengan orang dewasa. (4) Faktor pendukung dalam penerapan sistem FDS meliputi kesadaran masyarakat yang menyadari pentingnya konsepFDS, SDM yang terseleksi, dukungan dari dinas, yayasan dan orang tua. Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran IPS dengan metode active learning yaitu dukungan dari orang tua dan antusiasme dari siswa . Faktor penghambat dalam menerapkan sistem FDSyaitu sarana dan prasarana yang masih harus diperbarui dan ditambah, pengelolaan pembelajaran di kelas, penyesuaian konsep FDS pada orang tua dan siswa. Faktor penghambat dalam menerapkan metode active learning pada pembelajaran IPS di kelas V yaitu alokasi waktu dan pengkondisian kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Keterampilan Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:45
Last Modified: 04 Dec 2018 01:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31793

Actions (login required)

View Item View Item