UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

TITI SARI, NIM. 13480128 (2018) UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
13480128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PERPUSTAKAAN SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR)
13480128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Titi Sari, "Upaya Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik melalui Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Budaya literasi merupakan hal yang harus ditanamkan sejak dini. Perpustakaan sebagai jantung pendidikan di sekolah harus mampu menumbuhkan budaya literasi dan menjadi sumber informasi bagi warga sekolah, terutama peserta didik dan guru. Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur menjadi juara I dalam lomba perpustakaan se-Kabupaten Sleman. Hal tersebut mendasari peneliti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai upaya SD Muhammadiyah Condongcatur dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data ini menggunakan triangulasi dan ketercukupan referensi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) budaya literasi di SD Muhammadiyah Condongcatur ditumbuhkan dengan menciptakan lingkungan fisik ramah literasi, lingkungan sosial dan afektif sebagai model komunikasi dan interaksi yang literat, serta lingkungan akademik yang literat dengan programprogram literasi yang memaksimalkan fungsi perpustakaan, seperti pojok baca, gazebo literasi, reading day, show and tell, wajib kunjung perpustakaan, pemberian reward, dan sebagainya. (2) faktor pendukung penumbuhan budaya literasi peserta didik melalui perpustakaan di SD Muhammadiyah Condongcatur ialah adanya fasilitas yang memadai, cukupnya staf, antusisame warga sekolah dalam menjalankan program literasi, dan dukungan dari kepala sekolah, guru, dan orangtua sedangkan, faktor penghambatnya ialah kurangnya waktu untuk membaca di pagi hari dan pojok-pojok baca di kelas, tidak adanya Tim Literasi Sekolah (TLS), tidak adanya target khusus dalam membaca, serta kurangnya tanggung jawab peserta didik terhadap buku yang sudah dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Budaya Literasi, Literasi Membaca, Perpustakaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:49
Last Modified: 04 Dec 2018 01:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31795

Actions (login required)

View Item View Item