STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGAM MARKET DAY DI SDIT LUKMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL

ESTRY MUSTIKAWATI, NIM. 14480014 (2018) STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGAM MARKET DAY DI SDIT LUKMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGAM MARKET DAY DI SDIT LUKMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL)
14480014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI KEUANGAN MELALUI PROGAM MARKET DAY DI SDIT LUKMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL)
14480014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Estry Mustikawati, "Strategi Menumbuhkan Literasi Keuangan Melalui Progam Market Day di SDIT Lukman Al-Hakim Internasional (LHI)". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Kesejahteraan seseorang sejalan dengan pemahaman keuangan. Jika setiap individu sejahtera, maka sejahteralah bangsanya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dikeluarkanlah suatu gerakan yang bernama Gerakan Literasi Nasional, salah satunya literasi keuangan. Literasi keuangan merupakan pengetahuan dan kemampuan mengenai konsep dan resiko keuangan untuk meningkatkan pengelolaan keuangan. Beberapa ahli keuangan, merekomendasikan agar pendidikan keuangan diberikan sejak usia sekolah dasar. Untuk mewadahi pendapat tersebut, SDIT Lukman Al-Hakim Internasional mengadakan progam market day dengan peratuan yang sudah ditetapkan. Progam market day yang sudah berjalan selama 10 tahun ini, menjadi sebuah sarana edukasi untuk peserta didik. Progam ini mengajarkan kepada peserta didik mengenai keuangan, dari pengenalan mata uang sampai pada pengelolaan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kadiv. Kurikulum, Kadiv. Kesiswaan, dan siswa kelas V, guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan progam market day untuk menumbuhkan literasi keuangan di SDIT LHI dilakukan melalui 4 tahap, meliputi 1) tahap persiapan meliputi perumusan progam market day, 2) tahap penyusunan progam yang meliputi pembuatan SOP market day, 3) tahap pelaksanaan progam market day dengan strategi pembentukan tim, motivasi pentingnya menabung dan melakukan pekerjaan ringan, dan 4) tahap Monitoring dan Evaluasi progam market day. Urgensi progam market day di SDIT LHI dalam menumbuhkan literasi keuangan adalah sebagai 1) sarana untuk pembelajaran literasi keuangan, 2) sarana untuk mengajarkan pentingnya rencana jangka menengah, 3) sarana untuk belajar hemat. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan progam tersebut adalah 1) progam market day yang dilaksanakan seminggu sekali, 2) adanya BMT sebagai tempat menabung, 3) adanya voucher sebagai salah satu alat transaksi. Sementara faktor penghambat dalam pelaksanaan tersebut meliputi 1) tidak adil dalam pembagian modal dan hasil, 2) kurangnya bahan ajar, 3) tidak adanya evaluasi antara SOP dengan pelaksanaan, 4) pendidikan keuangan yang masih tabu untuk diperbincangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Peserta Didik, Progam Market Day, SDIT LHI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:56
Last Modified: 04 Dec 2018 01:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item View Item