PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL

NUR HIKMAH AMALIA, NIM. 14480015 (2018) PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL)
14480015_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL)
14480015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Nur Hikmah Amalia, "Penggunaan Media Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Di MI Ma‟arif Giriloyo 1 dalam proses pembelajaran bahasa Arab belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga membuat kemampuan peserta didik menjadi kurang berkembang. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan media teka-teki silang (crossword puzzle). Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab di kelas III MI Ma‟arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik kelas III MI Ma‟arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul dengan menggunakan media teka-teki silang, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penggunaan media teka-teki silang dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik kelas III MI Ma‟arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi pembelajaran oleh guru dan peserta didik pada prasiklus dan setiap siklusnya, hasil wawancara dengan guru dan peserta didik, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama dilapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: Adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik dengan rata-rata perolehan nilai peserta didik adalah 75. Hasil penelitian antara lain: (1) kemampuan membaca dan menulis kosakata bahasa Arab peserta didik kelas III masih rendah dibuktikan dengan hasil pra siklus nilai peserta didik dalam kemampuan membaca sebesar 44, 32 dan kemampuan menulis sebesar 33,24, (2) Pada siklus I menunjukkan kemampuan membaca meningkat dengan rata-rata hasil peserta didik 83,51 dari hasil awal pra siklus yang hanya sebesar 44,32 yang menandakan adanya effect ix size sebesar 39,19 sedangkan untuk kemampuan menulis meningkat menjadi 72,22 dari hasil awal pra siklus yang hanya sebesar 33,24 yang menandakan adanya effect size sebesar 38,98. Pada siklus II kemampuan membaca mengalami kenaikan menjadi 90,54 dengan effect size sebesar 7,3 dari hasil siklus I, sedangkan kemampuan menulis mengalami kenaikan menjadi 80,32 dengan effect size sebesar 8,1, (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dapat berasal dari internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Arab, Media Teka-teki Silang, Kemampuan Membaca, Kemampuan Menulis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:58
Last Modified: 04 Dec 2018 01:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31798

Actions (login required)

View Item View Item