NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI MI AL-IHSAN MEDARI

ISTI SULISTYANINGSIH, NIM. 14480030 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI MI AL-IHSAN MEDARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI MI AL-IHSAN MEDARI)
14480030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI MI AL-IHSAN MEDARI)
14480030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (17MB)

Abstract

Isti Sulistyaningsih, "Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Seni Tari di MI Al-Ihsan Medari". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Meningkatnya kasus kekerasan atau tawuran antar siswa setiap tahunnya, mengindikasikan bahwa pendidikan hanya mengedepankan bidang keilmuan dan kecerdasan siswa. Hal ini menunjukkan kurangnya pendidikan karakter pada lembaga pendidikan formal. Program pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya yaitu ekstrakurikuler seni tari. Pendidikan seni tari hadir dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan membentuk karakter positif pada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Al-Ihsan Medari, (2) Mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler seni tari di MI Al-Ihsan Medari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di MI Al-Ihsan Medari jalan Kalirase, Medari, Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian meliputi : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk narasi dan menarik kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler seni tari MI Al-Ihsan Medari diadakan atas dasar permintaan wali murid dan siswa pada tahun 2009. Tujuan ekstrakurikuler seni tari yaitu sebagai wadah pengembangan bakat dan minat siswa dalam bidang seni tari. Proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari dilaksanakan dua kali dalam seminggu dan diikuti oleh 62 siswa dari kelas I-IV yang dibentuk menjadi 11 kelompok. Materi ekstrakurikuler seni tari yaitu tari yarobibi, tari rebana, tari cublak-cublak suweng, tari napeni, tari takdum, tari kun anta, tari sholawat, tari botol, tari gajah, tari kupu, tari sintren dan tari eta terangkanlah. Adapun runtutan acara pada setiap latihan pembukaan, pemberian materi, pegecekan tugas kliping, dan penutup. Alat yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni tari yaitu pengeras suara, flashdisk, laptop, sampur, buku, dan botol minum. Selanjutnya nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari yaitu: (1) religius, (2) toleransi, (3) disiplin, (4) kerja keras, (5) rasa ingin tahu, (6) cinta tanah air, (7) menghargai prestasi, (8) bersahabat atau komunikatif, (9) tanggung jawab, dan (10) peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari dapat membentuk karakter siswa pada siswa anggota ekstrakurikuler seni tari MI Al-Ihsan Medari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Seni Tari, Nilai-nilai Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:58
Last Modified: 04 Dec 2018 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31812

Actions (login required)

View Item View Item