IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2017/2018

AGHNIA RAFIKA RAHMAWATI, NIM. 14480035 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2017/2018)
14480035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV B MI MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2017/2018)
14480035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Aghnia Rafika Rahmawati, "Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Tematik di Kelas IV B MI Ma‟arif Bego Tahun Ajaran 2017/2018". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Moralitas/karakter pelajar bangsa ini telah runtuh. Hal ini ditandai dengan maraknya aksi bully, anarkisme anak, contek massal, seks bebas dan sebagainya. Pemerintah menawarkan solusi dengan mencetuskan pendidikan karakter yang dikemas dalam Kurikulum 2013. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik di kelas IV B MI Ma‟arif Bego, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik di kelas IV B MI Ma‟arif Bego. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas IV B serta siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik di kelas IV B MI Ma‟arif Bego sudah berjalan baik. Hal tersebut terlihat dari proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik yang sudah terdapat pengintegrasian dengan pendidikan karakter. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru mengintegrasikan pendidikan karakter dengan berbagai metode dan kegiatan pembelajaran. Beberapa kegiatan pembelajaran dijadikan pembiasaan oleh guru sehingga benar-benar dapat menanamkan nilai karakter tertentu. Selain itu, guru juga memberi keteladanan secara rutin, spontan dan berkala. Melalui pembelajaran tematik, guru kelas IV B sudah menerapkan 14 nilai karakter yang dikembangkan oleh Kemendiknas serta 2 karakter tambahan. Nilai-nilai tersebut yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, percaya diri, dan santun. (2) Faktor pendukung yang mempengaruh pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik di kelas IV B adalah adanya buku acuan pembelajaran yang lengkap dari pemerintah, peran orang tua, dan partisipasi aktif siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan ketersediaan media pembelajaran/alat peraga pembelajaran, kesulitan dalam melakukan penilaian sikap, saat keadaan kelas yang tidak kondusif, dan pengaruh lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:00
Last Modified: 04 Dec 2018 04:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31813

Actions (login required)

View Item View Item