UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS KELAS V DI SD NEGERI NGUNUT GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018)

ANNISA AYU SETYA, NIM. 14480053 (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS KELAS V DI SD NEGERI NGUNUT GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS KELAS V DI SD NEGERI NGUNUT GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018))
14480053_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU (STUDI KASUS KELAS V DI SD NEGERI NGUNUT GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018))
14480053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Annisa Ayu Setya, "Upaya Guru Dalam Meningkatkan Adab Peserta Didik Terhadap Guru (Studi Kasus Kelas V Di SD Negeri Ngunut Gunungkidul Tahun Ajaran 2017/2018)". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Di dalam proses pendidikan akan terjalin komunikasi antara peserta didik dan guru. Dalam komunikasi tersebut terjadi proses belajar mengajar, guru dan peserta didik memegang peranan penting. Hubungan antara guru dengan peserta didik amat "dekat" sekali, tetapi jalinan itu tidak boleh meniadakan "jarak" dan rasa hormat peserta didik terhadap guru. Wibawa harus senantiasa ditegakkan, namun "keakraban" juga harus terjalin. Artinya dalam hubungan ini adab peserta didik tetaplah diperlukan. Adab merupakan inti pendidikan dan proses pendidikan karena adab merupakan salah satu tujuan pengetahuan yakni menanamkan kebaikan dalam diri manusia sebagai manusia dan sebagai diri individual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus terhadap lima peserta didik di SD Negeri Ngunut Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah SD Negeri Ngunut Gunungkidul, guru, lima peserta didik kelas V dan beberapa teman informan. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik terhadap guru dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam upaya sekolah meningkatkan adab peserta didik terhadap guru. ix Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik yakni berbaris di depan kelas sebelum pembelajaran, sosialisasi dalam upacara hari Senin, shalat Dzuhur berjamaah, menasehati, pembiasaan meminta izin dan memberi contoh, kerjasama dengan orangtua dan hukuman; (2) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan adab peserta didik yakni dukungan pihak sekolah, terjalin kerjasama dengan orangtua dan karakteristik anak usia SD, kemudian faktor penghambatnya yaitu kurangnya dukungan dari orangtua, faktor lingkungan yang kurang mendukung dan kurangnya kontrol dalam penggunaan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd. selaku
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan Adab, Peserta Didik dan Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:16
Last Modified: 04 Dec 2018 04:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31817

Actions (login required)

View Item View Item