HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH PROGAM KHUSUS AMPEL

DWI CAHYANI, NIM. 14480060 (2018) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH PROGAM KHUSUS AMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH PROGAM KHUSUS AMPEL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD MUHAMMADIYAH PROGAM KHUSUS AMPEL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Dwi Cahyani,"Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Anak-anak usia sekolah dasar (usia 7-11 tahun) menghabiskan lebih dari 40% waktunya untuk bermain dengan teman sebayanya. Intensitas pertemuan antar siswa di sekolah yang tinggi memiliki pengaruh yang besar dalam suasana proses pembelajaran. Dimana, teman sebaya mampu untuk memberikan motivasi, sekaligus suasana yang membangun apabila sedang berada di dalam kelas. Siswa juga lebih merasa nyaman, jika belajar maupun bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dipahami dengan teman sebaya. Namun dukungan teman sebaya di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar IPA siswa kelas VA SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel yang jumlah 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan rentang skala likert 1, 2, 3, 4. Terdapat dua skala yaitu skala dukungan teman sebaya dan skala motivasi belajar IPA. Dan untuk memperkuat data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment pearson dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menujukkan terdapat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar IPA siswa kelas VA SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel sedang dan searah. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,447. Dilihat dari besarnya harga korelasi maka arah korelasi positif, artinya semakin tinggi dukungan teman sebaya maka makin tinggi pula motivasi belajar IPA. Dengan demikian, kesimpulannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Ini artinya terdapat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar IPA siswa kelas VA SD Muhammadiah Program Khusus Ampel. Hasil penelitian ini juga sejalan dengan teori yang diungkapkan oleh Dimyati Mujiono dalam buku Belajar dan Pembelajaran yang mengatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah teman sebaya dalam hal ini yaitu dukungan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Dec 2018 06:43
Last Modified: 05 Dec 2018 06:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31818

Actions (login required)

View Item View Item