ANALISIS PENGARUH TINGKAT KETERBUKAAN PERDAGANGAN DAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS LIMA NEGARA PENDIRI ASEAN)

HILYAH MAULIDIYAH, NIM. 14810088 (2018) ANALISIS PENGARUH TINGKAT KETERBUKAAN PERDAGANGAN DAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS LIMA NEGARA PENDIRI ASEAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH TINGKAT KETERBUKAAN PERDAGANGAN DAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS LIMA NEGARA PENDIRI ASEAN))
14810088_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH TINGKAT KETERBUKAAN PERDAGANGAN DAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS LIMA NEGARA PENDIRI ASEAN))
14810088_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tingkat keterbukaan perdagangan dan foreign direct investment terhadap pertumbuhan ekonomi pada lima negara pendiri ASEAN yaitu Negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand dalam periode penelitian tahun 1990 – 2016. Secara metodologis, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data panel dengan pendekatan terpilih yaitu random effect model. Tujuan analisis penelitian ini digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen, yaitu trade openness atau tingkat keterbukaan perdagangan, foreign direct invesment atau investasi asing langsung, labor force participation rate atau tingkat partisipasi tenaga kerja, dan gross fixed capital formation atau pembentukan modal tetap bruto terhadap variabel dependen yaitu pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan hasil uji simultan, penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel independen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada lima negara pendiri ASEAN. Sedangkan berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel tingkat keterbukaan perdagangan tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel foreign direct invesment memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada tingkat partisipasi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel pembentukan modal tetap bruto memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sehingga dapat disimpulkan bahwa dari keempat variabel independen, hanya variabel keterbukaan perdagangan yang tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. penelitian ini merekomendasikan akan pentingnya peningkatan ekspor dan penekanan laju impor untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Keterbukaan Perdagangan, Investasi Asing Langsung, Partisipasi Tenaga Kerja, dan Pembentukan Modal Tetap Bruto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. SUNARYATI, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Keterbukaan Perdagangan, Investasi Asing Langsung, Partisipasi Tenaga Kerja, dan Pembentukan Modal Tetap Bruto
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:34
Last Modified: 17 Dec 2018 02:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31821

Actions (login required)

View Item View Item