EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Henik Sri Wahyuni, NIM. 11680019 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
11680019_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
11680019_BAB II_SAMPAI_BAB SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle tipe 5E terhadap hasil belajar IPA Biologi pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa pada materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan kelas VII di SMP N 14 Yogyakarta T.A 2017/2018, serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Learning Cycle tipe 5E di kelas VII SMP N 14 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP N 14 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar aspek pengetahuan berupa pretest dan posttest dianalisis menggunakan Independent Samples t Test, hasil belajar aspek sikap dan keterampilan dianalisis menggunakan Mann Whitney U Test, serta angket tanggapan siswa dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle tipe 5E efektif dalam pembelajaran IPA Biologi pada materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan ditunjukkan dengan hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan nilai signifikansi secara urut sebesar 0,009 < 0,05; 0,033 < 0,05; 0,046 < 0,05. Selain itu, model ini memperoleh respon yang baik dari siswa ditunjukkan dengan persentase sebesar 77,52%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle tipe 5E efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta memperoleh respon yang baik dari para siswa. Kata Kunci : model Learning Cycle tipe 5E, hasil belajar, sistem organisasi kehidupan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dian Noviar, S.pd.,M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: model Learning Cycle tipe 5E, hasil belajar, sistem organisasi kehidupan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:17
Last Modified: 17 Dec 2018 04:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31823

Actions (login required)

View Item View Item