ANALISIS PERILAKU ORGANISASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) SEBAGAI PARTAI POLITIK BERBASIS DAKWAH (STUDI KASUS DI DEWAN PENGURUS WILAYAH PKS DIY TAHUN 2017-2018)

ENCE SOPYAN, NIM .14240065 (2018) ANALISIS PERILAKU ORGANISASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) SEBAGAI PARTAI POLITIK BERBASIS DAKWAH (STUDI KASUS DI DEWAN PENGURUS WILAYAH PKS DIY TAHUN 2017-2018). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERILAKU ORGANISASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) SEBAGAI PARTAI POLITIK BERBASIS DAKWAH (STUDI KASUS DI DEWAN PENGURUS WILAYAH PKS DIY TAHUN 2017-2018))
14240065_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERILAKU ORGANISASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) SEBAGAI PARTAI POLITIK BERBASIS DAKWAH (STUDI KASUS DI DEWAN PENGURUS WILAYAH PKS DIY TAHUN 2017-2018))
14240065_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang yang menggambarkan bahwa PKS adalah salah organisasi yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. PKS mempunyai semboyan sebagai partai dakwah diantara partai Islam lainnya, kemudian PKS juga mempunyai perkaderan dengan gaya tarbiyah atau pembinaan kelompok kecil, serta mempunyai kader yang solid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku organisasi di DPW PKS DIY. Perilaku organisasi sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi karena bersinggungan dengan nilai yang dipegang oleh seluruh anggota organisasi dan berfungsi meningkatkan sebuah kinerja. DPW PKS DIY merupakan struktural partai PKS dalam lingkup Propinsi DIY. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana perilaku organisasi PKS sebagai partai politik berbasis dakwah (studi kasus di DPW PKS DIY Tahun 2017-2018). Dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pemerikasaan keabsahan data dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan anlisis deskriptif melalui langkah membaca, mempelajari kata kunci, menemukan model dan koding dengan tujuan mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan tentang Analisis Perilaku Organisasi PKS sebagai Partai Politik Berbasis Dakwah (Studi Kasus di DPW PKS DIY Tahun 2017-2018). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peneliti menemukan tujuh prinsip dari perilaku organisasi yakni motivasi, kepemimpinan, komunikasi, struktur organisasi, pengambilan keputusan, konflik dan negosiasi, serta budaya organisasi yang ada di DPW PKS DIY lebih menekankan pada konsep keluarga dengan mengedapnkan perhatian dan kasih sayang kepada setiap orang yang terlibat dalam aktivitas di partai. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa ajaran Islam sangat ditanamkan pada seluruh kader partai baik yang ada di struktural maupun non-struktural dengan adanya upaya- upaya yang dilakukan partai, antara lain pembinaan secara rutin yang membahas tentang dasar Keislaman hingga pembahahan Islam politik yang disertai dengan pembimbingnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. Andy Dermawan M,Ag.,
Uncontrolled Keywords: Perilaku organisasi, politik, PKS.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:15
Last Modified: 05 Dec 2018 01:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31824

Actions (login required)

View Item View Item