ANALISIS TIME SERIES RASIO-RASIO KEUANGAN ANGGOTA PUSAT KOPERASI SYARIAH FORUM MITRA EKONOMI SYARIAH SLEMAN PADA TAHUN 2013-2017

LIA YULIANA, NIM. 14240068 (2018) ANALISIS TIME SERIES RASIO-RASIO KEUANGAN ANGGOTA PUSAT KOPERASI SYARIAH FORUM MITRA EKONOMI SYARIAH SLEMAN PADA TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (ANALISIS TIME SERIES RASIO-RASIO KEUANGAN ANGGOTA PUSAT KOPERASI SYARIAH FORUM MITRA EKONOMI SYARIAH SLEMAN PADA TAHUN 2013-2017)
14240068_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (925kB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS TIME SERIES RASIO-RASIO KEUANGAN ANGGOTA PUSAT KOPERASI SYARIAH FORUM MITRA EKONOMI SYARIAH SLEMAN PADA TAHUN 2013-2017)
14240068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pusat Koperasi Syariah Forum Mitra Ekonomi Syariah (Puskopsyah Formes Sleman) merupakan koperasi syariah sekunder yang beranggotakan BMT/KJKS/UJKS di Sleman. Jumlah anggota Puskopsyah Formes Sleman sebanyak 38 anggota. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui perkembangan rasio-rasio keuangan anggota Puskopsyah Formes Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian laporan keuangan berupa laporan laba/rugi dan neraca. Metode pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan metode time series- least square. Hasil analisis data kemudian dibandingkan dengan standar rasio yang dikeluarkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama lima tahun terakhir rasio likuiditas 1 pada koperasi A dan B pada kondisi baik sedangkan koperasi C dan D pada kondisi tidak baik. Perkembangan lima tahun kedepan kondisi masih sama seperti lima tahun terakhir. Rasio likuiditas 2 selama lima tahun terakhir menunjukkan koperasi B dalam kondisi baik sedangkan ketiga koperasi lainnya dalam kondisi kurang baik. Perkembangan lima tahun kedepan kondisi masih sama seperti lima tahun terakhir. Rasio rentabilitas 1 dari keempat koperasi selama lima tahun terakhir dalam kondisi tidak baik. Kondisi tersebut masih terjadi pada lima tahun kedepan. Rasio rentabilitas 2 selama lima tahun terakhir menunjukkan pada kondisi kurang baik masih dibawah standar. Kondisi tersebut masih akan terjadi dilima tahun kedepan. Rasio solvabilitas 1 menunjukkan koperasi D dalam kondisi cukup baik sedangkan ketiga koperasi lainnya dibawah angka ideal. Kondisi tersebut diprediksikan masih terjadi selama lima tahun kedepan. Rasio solvabilitas 2 selama lima tahun terakhir dari keempat koperasi masih jauh dari kategori ideal. Kondisi tersebut masih akan terjadi selama lima tahun kedepan. Rasio aktivitas 1 selama lima tahun terakhir keempat koperasi dalam kondisi baik. Kondisi baik masih akan terjadi selama lima tahun kedepan. Rasio Aktivitas 2 selama lima tahun terakhir koperasi D dalam kondisi baik, koperasi A dan B dalam kondisi cukup baik , sedangkan koperasi C dalam kondisi tidak baik. Kondisi tersebut masih terjadi selama lima tahun kedepan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Mikhriani, M.M
Uncontrolled Keywords: Analisis Time Series-Methode Least Square, Rasio-Rasio Keuang
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2018 01:23
Last Modified: 05 Dec 2018 01:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item