PENGARUH PENGETAHUAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH

ANISSA ARUM LESTARI, NIM. 14820112 (2018) PENGARUH PENGETAHUAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pengetahuan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Pembiayaan Musyarakah)
14820112_BAB-I_-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGETAHUAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KOTA YOGYAKARTA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH)
14820112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Dalam perkembangannya UMKM seringkali dihadapkan oleh berbagai dilema yaitu persoalan pendanaan kurangnya permodalan baik jumlah maupun sumbernya, sedangkan UMKM merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri jasa keuangan, terutama bank untuk menyalurkan pembiayaan. Perbankan syariah memiliki core product pembiayaan berupa bagi hasil yang dikembangakan dalam produk pembiayaan musyarakah. Salah satu faktor yang paling mendasar dalam menarik minat pelaku UMKM untuk menggunakan produk pembiayaan musyarakah adalah dengan adanya pengetahuan tentang perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pelaku UMKM di kota Yogyakarta tentang perbankan syariah terhadap minat menggunakan produk pembiayaan musyarakah. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan yang terdiri dari pengetahuan Islamic work ethic yang ada di perbankan syariah, pengetahuan prinsip operasional perbankan syariah, pengetahuan produk-produk perbankan syariah, pengetahuan bagi hasil perbankan syariah, pengetahuan risiko pembiayaan perbankan syariah, sedangkan variabel dependennya adalah minat menggunakan produk pembiayaan musyarakah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data meggunakan kuesioner dengan total sampel 254 responden yang merupakan pelaku UMKM tercatat di kecamatan yang ada di kota Yogyakarta. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: pengetahuan produk-produk perbankan syariah berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan produk pembiayaan musyarakah. pengetahuan Islamic work ethic yang ada di perbankan syariah, pengetahuan prinsip operasional perbankan syariah, pengetahuan bagi hasil perbankan syariah, pengetahuan risiko pembiayaan perbankan syariah berpengaruh tidak signifikan terhadap minat menggunakan produk pembiayaan musyarakah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Nur Azizah, S.E.I., M.E.
Uncontrolled Keywords: Islamic work ethic, prinsip operasional perbankan syariah, produk-produk perbankan syariah, bagi hasil perbankan syariah, risiko pembiayaan perbankan syariah, pembiayaan musyarakah
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Dec 2018 15:17
Last Modified: 05 Dec 2018 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum