PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II B MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL

ANNAFSI MUSLIMAH, NIM. 14480065 (2018) PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II B MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II B MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL)
14480065_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS II B MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL)
14480065_BAB-II_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Annafsi Muslimah, "Penerapan Strategi Reading Guide Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2018. Pada proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas II B MI Ma’arif Giriloyo 1 ditemukan kendala dalam meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran Akidah Akhlak kurang adanya variasi strategi pembelajaran, hanya menerapkan metode ceramah sehingga hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Hasilnya 75% peserta didik belum mencapai KKM yang ditentukan Madrasah, yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan strategi reading guide dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas II B MI Ma’arif Giriloyo 1, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas II B MI Ma’arif Giriloyo 1 dengan menggunakan strategi reading guide, (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan strategi reading guide. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: hasil belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas guru dan peserta didik pada proses pembelajaran yang diambil dari observasi dan wawancara dengan guru dan peserta didik, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: (1) Adanya peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik, yaitu meningkatnya hasil belajar peserta didik di atas KKM 75 yang mencapai 80% dari jumlah peserta didik kelas II B MI Ma’arif Giriloyo 1, (2) Adanya peningkatan nilai rata-rata kelas II B MI Ma’arif Giriloyo 1. Hasil penelitian antara lain: (1) Penerapan strategi reading guide dilaksanakan melalui enam tahapan, yaitu membaca materi, menjawab soal panduan, membacakan hasil, diskusi, dan menarik kesimpulan, (2) Pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan ix hasil belajar peserta didik sebesar 60% dengan rata-rata kelas sebesar 78,19 dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 90% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,88, (3) Faktor pendukung dalam penerapan strategi reading guide adalah minat baca peserta didik, antusias peserta didik dalam belajar, motivasi belajar, dan keterampilan guru menerapkan strategi. Faktor penghambat dalam penerapan strategi reading guide adalah kemampuan membaca rendah, keterampilan memahami bacaan rendah, kondisi kelas yang kurang nyaman, dan penguasaan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak MI, strategi reading guide, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:09
Last Modified: 06 Dec 2018 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum