PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN TAḤFIẒ AL- QUR’AN SISWA KELAS IV SD ISLAM UMMINA BLORA

AINI SHOFIYANA DEWI, NIM. 14480073 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN TAḤFIẒ AL- QUR’AN SISWA KELAS IV SD ISLAM UMMINA BLORA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN TAḤFIẒ AL- QUR’AN SISWA KELAS IV SD ISLAM UMMINA BLORA)
14480073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN TAḤFIẒ AL- QUR’AN SISWA KELAS IV SD ISLAM UMMINA BLORA)
14480073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Aini Shofiyana Dewi, "Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Kegiatan Taḥfiẓ Al-Qur‟an Kelas IV SD Islam Ummina Blora. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah Karakter disiplin biasanya disertai dengan tanggung jawab, ketika seseorang memiliki karakter disiplin maka karakter tanggung jawab akan mengikuti. Maka dari itu taḥfiẓ al-Qur‟an sangat erat kaitannya dengan disiplin dan tanggung jawab karena orang yang menghafal al-Qur‟an berarti mempunyai kewajiban untuk menjaga hafalannya sehingga dia harus bertanggung jawab supaya hafalannya tidak hilang. Sebagai bentuk tanggung jawabnya seorang penghafal al-Qur‟an harus disiplin dalam melakukan murãja’ah (mengulang hafalan).Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an di kelas IV SD Islam Ummina Blora, 2) Untuk mengetahui adanya pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an di SD Islam Ummina Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang ditinjau dari segi pemaparan data atau informasi. Pengambilan data melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Proses pelaksanaan kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an dilakukan 2 kali dalam sehari, yaitu pagi hari setelah sholat ḍuḥa yang dilaksanakan secara klasikal dan siang hari khusus kelas empat ada pada jam kelima sebelum istirahat kedua. 2) Terdapat pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an. Nilai disiplin yang ditemukan meliputi: peserta didik dengan sendirinya mengambil wuḍu ketika sudah memasuki jam kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an, peserta didik mengantri ketika akan menyetorkan hafalannya, peserta didik mampu menambah hafalan satu ayat dalam satu hari secara konstan, dan peserta didik mengembalikan mushaf yang telah digunakan ke tempat semula. Sedangkan bentuk tanggung jawab peserta didik yaitu: Dengan peserta didik melakukan deresan maka peserta didik tersebut telah melakukan kewajibannya sebagai penghafal al-Qur‟an yaitu menjaga hafalannya agar tetap lancar dan terjaga. 3) Faktor pendukung kegiatan taḥfiẓ al-Qur‟an di SD Islam Ummina Blora meliputi lingkungan yang nyaman, dukungan orang tua, kreatifitas tenaga pengajar, dan kemampuan peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi lingkungan kurang kondusif, kurangnya dukungan orang tua, kurangnya tenaga pengajar, kemampuan peserta didik, dan kurangnya minat untuk melakukan murãja’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: taḥfiẓ Al-Qur‟an, pedidikan karakter, didiplin, tanggung jawab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:14
Last Modified: 06 Dec 2018 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31865

Actions (login required)

View Item View Item