EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA

RINA TRI MAHERI, NIM. 14480082 (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA)
14480082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA)
14480082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rina Tri Maheri, "Efektivitas Strategi Problem Solving Terhadap Kemampuan Menganalisis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Proses pembelajaran di SDIT Salsabila Al Muthi’in masih menggunakan strategi konvensional sehingga kurang bisa mencapai tujuan pembelajaran. Siswa hanya diarahkan untuk menghafal informasi sedangkan kemampuan menganalisis siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan strategi pembelajaran problem solving. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan menganalisis matematika dengan strategi problem solving dibandingkan dengan kemampuan menganalisis matematika menggunakan strategi konvesional, (2) Mengetahui efektivitas kemampuan menganalisis matematika dengan strategi problem solving. Desain penelitian menggunakan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian berjumlah 42 dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t dan uji Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian antara lain: (1) Terdapat perbedaan kemampuan menganalisis matematika menggunakan strategi problem solving dibandingkan dengan pembelajaran kovensional, hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai sig 0,000 yang artinya Ha diterima sehingga terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan menganalisis matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol (2) Efektivitas strategi problem solving terhadap kemampuan menganalisis matematika siswa sebesar 0,861 atau setara dengan 86,1% sehingga strategi ini cukup efektif dibandingkan dengan strategi kovensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Problem Solving, Kemampuan Menganalisis Mata Pelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:16
Last Modified: 06 Dec 2018 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum