UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK KELAS I DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL

ERVINA LAELLY ADITRIYA, NIM. 14480089 (2018) UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK KELAS I DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK KELAS I DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480089_BAB -I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK KELAS I DALAM KURIKULUM 2013 DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL)
14480089_BAB-II SAMPAI IV BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Ervina Laelly Aditriya, "Upaya Guru Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Peserta Didik Kelas I Dalam Kurikulum 2013 Di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul". Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Di SDIT Salsabila 3 Banguntapan di kelas I pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, saat ini pemakaian kurikulum 2013 tahun kedua. Di kelas I untuk mengondisikan memulai pembelajaran membutuhkan waktu lama dan tingkat konsentrasi atau pemahaman peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut di kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan memilih guru yang masih produktif dan adanya guru pendamping. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya guru dalam meningkatan pemahaman materi peserta didik kelas I di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari peserta didik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik Kelas I di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian study kasus dengan mengambil lokasi di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selama proses pembelajaran wawancara dengan guru kelas I dan guru pendamping kelas I, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran. Adapun penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triagulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi peserta didik dalam kurikulum 2013 di kelas I dengan memahami karakter peserta didik, menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, mampu mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, berkomunikasi secara efektif, empirik, dan santun dengan peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan penilaian dan evaluasi, dan melakukan tindakan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (2) Faktor pendukung dan Faktor penghambat dari peserta didik untuk meningkatkan pemahaman materi adalah faktor internal meliputi kondisi fisik peserta didik, tingkat kecerdasan, motivasi untuk belajar, ix minat belajar. Faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah untuk belajar lingkungan keluarga yang mendukung belajar, lingkungan masyarakat tempat tinggal peserta didik, sarana belajar, faktor materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Upaya dalam meningkatkan pemahaman materi, faktor pendukung dan foktor penghambat peserta didik meningkatkan pemahaman.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:18
Last Modified: 06 Dec 2018 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31868

Actions (login required)

View Item View Item