PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)

MAULIDDA YULIATI, NIM. 14480097 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT))
14480097_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT))
14480097_BAB-II_sampai dengan_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Maulidda Yuliati, "Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Mata pelajaran Matematika sangat penting untuk diajarkan dan dipelajari, mata pelajaran ini diberikan mulai dari Sekolah Dasar hingga tingkat menengah. Latar belakang penelitian ini adalah tujuan mata pelajaran Matematika yaitu siswa mampu memecahkan masalah. Pendidikan di Sekolah Islam Terpadu terdiri dari program umum meliputi mata pelajaran wajib, dan pogram tambahan meliputi mata pelajaran yang menjadi unggulan sekolah. Salah satunya adalah SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Prestasi yang diperoleh SDIT Salsabila 3 Banguntapan di bidang Matematika cukup bagus. Akan tetapi berdasarkan keterangan wali kelas, kemampuan pemecahan masalah siswa beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain Ex post facto. Variabel bebasnya adalah kemampuan pemecahan masalah, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Matematika. Populasinya yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Kabupaten Bantul. Sampel yang digunakan menggunakan teknik acak. Salah satu alasan pemilihan SDIT Salsabila 3 Banguntapan sebagai sampel adalah karena keberhasilan sekolah tersebut memberikan kepercayaan kepada orang tua dan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDIT masuk pada kategori sedang 73.13% yaitu sebanyak 49 siswa. Hasil belajar Matematika siswa kelas V SDIT, hanya sebesar 11,94% yang dinyatakan lulus KKM yaitu yang memiliki skor ≥ 75 sebanyak 8 siswaa. Terdapat pengaruh antara kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDIT sebesar 66% sedangkan 34% dipengaruhi oleh variabel lain seperti motivasi dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Luluk Maulu‟ah, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:21
Last Modified: 06 Dec 2018 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31869

Actions (login required)

View Item View Item