HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN JAGERAN

FERLINA AMINDAH SARI, NIM. 14480131 (2018) HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN JAGERAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN JAGERAN)
14480131_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN JAGERAN)
14480131_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

FERLINA AMINDAH SARI. "Hubungan Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Munawwir dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Jageran". Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas menghafal al-Qur’an peserta didik SD Jageran yang tinggal di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek MTPA dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Melihat realita saat ini, masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa pondok pesantren memiliki dampak negatif dikarenakan banyaknya aktivitas di pondok pesantren yang justru menyebabkan peserta didik terbebani sehingga menyampingkan kegiatan belajar yang berpengaruh pada tingkat prestasi belajarnya di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Populasi pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik yang terdiri dari kelas II,III,IV, dan V. Sampel yang digunakan berjumlah 24 peserta didik Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA) yang bersekolah di SD Jageran, yang diambil dari kelas III, IV, dan V. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, tes, dokumentasi berupa foto, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa aktivitas menghafal al-Qur’an peserta didik SD Jageran yang tinggal di MTPA termasuk dalam kategori baik, yaitu pada interval 65 – 84 dengan skor rata-rata 68,33. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar PAI termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu pada interval 65 – 84 dengan rata-rata 68,75. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa r hitung = 0,855 r tabel = 0,404, sehingga dapat disimpulkan bahwa antara variabel aktivitas menghafal al-Qur’an dengan variabel prestasi belajar PAI memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan. Sedangkan nilai koefisien determinasi yaitu r2 = 0,8552 = 0,73. Hal ini berarti varians yang terjadi pada variabel prestasi belajar PAI 73% ditentukan oleh besarnya aktivitas menghafal Al-Qur’an, dan 27% oleh faktor lain. Pada persamaan garis regresi diperoleh hasil nilainya sebesar 0,995. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% tingkat aktivitas menghafal al-Qur’an maka prestasi belajar PAI akan meningkat sebesar 0,995. Karena nilai koefisien regresi bernilai positif (+) maka dengan demikian dapat dinyatakan bahwa aktivitas menghafal al-Qur’an memiliki hubungan yang positif dengan prestasi belajar PAI. Sehingga persamaan regresinya adalah Y= 0,751 + 0,955 X. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa aktivitas menghafal Al-Qur’an memiliki hubungan yang positif sebesar 73% dengan prestasi belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:30
Last Modified: 06 Dec 2018 02:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31873

Actions (login required)

View Item View Item