STRATEGI CARD SHORT UNTUK MENUMBUHKAN KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL

SRI FATONAH, NIM. 14480137 (2018) STRATEGI CARD SHORT UNTUK MENUMBUHKAN KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI CARD SHORT UNTUK MENUMBUHKAN KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL)
14480137_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI CARD SHORT UNTUK MENUMBUHKAN KEAKTIFAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 1 DI SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL)
14480137_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Sri Fatonah, "Strategi Card Short Untuk Menumbuhkan Keaktifan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Di SDIT Salsabila Al-Muthi‟in Banguntapan Bantul", Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Pembelajaran matematika di SDIT Salsabila Al Muthi‟in tidak jauh berbeda dengan sekolah lain. Pentingnya peranan guru dalam menentukan strategi pembelajaran tentunya akan mempengaruhi tingkat keaktifan siswa. Dalam kasus ini lebih menekankan pada keaktifan siswa pada saat pembelajaran. Karena kelas 1 merupakan masa peralihan siswa dari taman kanak-kanak ke jenjang sekolah dasar. Maka tak heran apabila banyak siswa yang masih kurang aktif saat pembelajaran matematika. Salah satu strategi yang dirasa tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah Card Short. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan strategi Card Short dapat meningkatkan keaktifan siswa siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat ditarik tujuan penelitian yakni, 1) Bagaimana cara guru menggunakan strategi Card Short untuk menumbuhkan keaktifan siswa, 2) Apakah pembelajaran menggunakan strategi Card Short mampu menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah di SDIT Salsabila Al-Muthi‟in yang terletak di Komplek Masjid Al-Muthi‟in, Maguwo, Banguntapan, Bantul. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas 1A dan siswa kelas 1A. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan, 1) Langkah-langkah penggunaan strategi Card Short adalah sebagai berikut: a) Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran strategi Card Short, b) Membagi kartu berisi informasi materi dengan 2 kategori, c) Peserta didik mencari teman yang sama kategori yang dimiliki, d) Peserta didik mempresentasikan kategorinya kepada yang lain, e) Guru membuat poin-poin penting dari materi. 2) Strategi ini dirasa mampu digunakan dalam pembelajaran untuk menumbuhkan keaktifan siswa pada saat pembelajaran sehinnga siswa lebih mudah menguasai materi pembelajaran. Hal ini terbukti dari keterlibatan siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Card Short karena mereka tidak merasa jenuh pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, S.Pd. I, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Short, keaktifan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Dec 2018 02:43
Last Modified: 06 Dec 2018 02:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31875

Actions (login required)

View Item View Item