ANALISIS BUKU PEGANGAN SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF PENDIDIKAN PERDAMAIAN

RESPI PRADINA VIKA, NIM. 14410060 (2018) ANALISIS BUKU PEGANGAN SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF PENDIDIKAN PERDAMAIAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU PEGANGAN SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF PENDIDIKAN PERDAMAIAN)
14410060_ BAB-I_ IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU PEGANGAN SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 PERSPEKTIF PENDIDIKAN PERDAMAIAN)
14410060_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

RESPI PRADINA VIKA. Analisis Buku Pegangan Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Perspektif Pendidikan Perdamaian. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2018. Latar belakang penelitian ini berawal dari banyak contoh kasus buku teks PAI yang kontroversial karena memuat konten-konten tidak sesuai yang menyebabkan tindak kekerasan dikalangan peserta didik sehingga pendidikan perdamaian menjadi alternatif dan perlu diintegrasikan dalam buku ajar PAI. Meskipun buku ini disusun oleh para pakar secara sistematis sesuai kurikulum yang berlaku, namun tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan baik bersifat teknis maupun substantif dalam penyusunannya. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada kandungan nilai pendidikan perdamaian dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA. Tujuan penulisan skripasi ini adalah untuk mengetahui konsep PAI dan relevansi PAI dengan pendidikan perdamaian dalam buku ajar PAI Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penulisan literatur (Library Research), yang bersifat kualitatif (Qualitative research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik. Pendekatan ini dipilih karena penelitian ini lebih kepada penafsiran terhadap teks-teks atau materi-materi yang berkaitan dengan pendidikan perdamaian (peace education). Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Konsep pendidikan agama Islam dalam buku pegangan siswa pendidikan agama Islam SMA kelas XI kurikulum 2013 ditinjau dari pendidikan perdamaian (peace education) yaitu merealisasikan pengembangan kompetensi yang utuh antara kognitif, afektif dan psikomotorik Sehingga antara pendidikan agama Islam dan pendidikan perdamaian memiliki orientasi kepada peserta didik agar memiliki budi pekerti yang luhur agar terciptanya kehidupan yang damai karena dalam buku ajar tersebut sudah banyak dimuat nilai-nilai pendidikan perdamaian. 2) Relevansi pendidikan agama Islam dengan pendidikan perdamaian dalam buku pegangan siswa pendidikan agama Islam SMA kelas XI kurikulum 2013 ini mencakup beberapa aspek yaitu aspek tujuan, aspek materi, aspek kurikulum, dan aspek pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: buku ajar PAI, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Perdamaian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:47
Last Modified: 06 Dec 2018 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum