PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII ANTARA KELAS TERBUKA DAN KELAS REGULER DI SMP N 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

ARIZKA AFIDATI, NIM: 14410085 (2018) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII ANTARA KELAS TERBUKA DAN KELAS REGULER DI SMP N 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII ANTARA KELAS TERBUKA DAN KELAS REGULER DI SMP N 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
14410085_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII ANTARA KELAS TERBUKA DAN KELAS REGULER DI SMP N 3 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
14410085_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ARIZKA AFIDATI. Perbandingan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII antara Kelas Terbuka dan Kelas Reguler di SMP Negeri 3 Tempel Sleman Yogyakarta .Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa SMP Negeri 3 Tempel Sleman Yogyakarta adalah SMP yang membuka program Sekolah Terbuka bagi para siswa dengan kriteria dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Permendikbud antara lain karena kendala waktu, jarak tempuh, dan keterbatasan ekonomi. Namun yang terjadi di SMP N 3 Tempel, siswa yang masuk di kelas Terbuka adalah para siswa dengan kriteria yang tidak seperti yang ditetapkan oleh Permendikbud namun karena alasan lain diantaranya karena nilai hasil UN mereka tidak memenuhi syarat untuk masuk di sekolah Reguler. Perbedaan input siswa antara kelas terbuka dan kelas regular inilah yang mendasari perbedaan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII Reguler dan Terbuka. Penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi penelitian diperoleh dari Guru, siswa, dan semua yang terlibat dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan metode triangulasi melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan 2 metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan dalam proses pembelajaran antara Kelas Reguler dan Kelas Terbuka pada pembelajaran PAI. (1)Persamaan tersebut antara lain pada komponen tujuan pembelajaran, dan sumber belajar yang digunakan. (2) Sedangkan perbedaannya yaitu pada karakteristik siswa, kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran dan hasil evaluasi pembelajaran. Siswa di kelas terbuka kurang memiliki antusias terhadap pembelajaran di kelas dibandingkan kelas regular. Kegiatan belajar mengajar untuk kelas terbuka dilakukan pada siang hari di ruang kelas khusus yang disediakan. Pada kelas Reguler, guru menggunakan metode diskusi Jigsaw dan metode tanya jawab. Sedangkan pada kelas Terbuka, guru menggunakan metode ceramah interaktif dan menggunakan media film. Untuk hasil evaluasi pembelajaran kelas VIII A menunjukkan hasil yang lebih tinggi dengan rata-rata nilai 85, sedangkan kelas VIII T menghasilkan nilai rata-rata 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Terbuka, Reguler
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:02
Last Modified: 07 Dec 2018 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum